Penerapan Metode Usmani Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus Santri TPQ Al-Furqon Slahung Ponorogo)

Sudin, Chari (2022) Penerapan Metode Usmani Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus Santri TPQ Al-Furqon Slahung Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180290_CHARISUDIN_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sudin, Chari. 2022. Penerapan Metode Usmani dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus Santri TPQ Al-Furqon Slahung Ponorogo). Skirpsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Miftahul Ulum, M. Ag.
Kata Kunci : Metode Usmani , Kemampuan Membaca, Al-Qur’an
Allah menurunkan al-Qur’an yaitu supaya dibaca, didengar, diamalkan serta menjadi ketenangan bagi hati umat manusia. Sebagai umat Islam, diharapkan selalu berupaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dalam rangka peningkatan dan penghayatan serta pengamalan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang ini, banyak sekali peserta didik yang masih kesulitan membaca serta membedakan huruf hijaiyah dengan benar sesuai Makhārij al- ḥurūf serta kesesuaian dengan kaidah ilmu tajwīd. Sehingga banyak metode pembelajaran al-Qur’an yang muncul untuk menjawab tantangan yang dihadapi peserta didik yaitu terkait kemampuan membaca al-Qur'an. Oleh karena itu, terbitnya Metode Usmani ini seakan melanjutkan impian ulama salaf untuk meningkatkan kualitas ilmu baca al-Qur'an, karena Metode Usmani ini dinilai dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri dengan baik dan benar.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan Metode Usmani dalam pembelajaran al-Qur'an di TPQ al-Furqon Slahung, (2) Mendeskripsikan kendala TPQ al-Furqon Slahung dalam menerapkan Metode Usmani untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri, (3) Mendeskripsikan kontribusi Metode Usmani terhadap kemampuan membaca al-Qur’an santri dengan Makhārij al- ḥurūf di TPQ al-Furqon Slahung.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model milik Miles and Huberman yang terdiri atas tiga komponen analisis, berupa: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan Metode Usmani dalam pembelajaran al-Qur'an di TPQ Al-Furqon Slahung menggunakan tahapan mengajar secara khusus dengan teknik klasikal-individual saat mengajar. Adapun kegiatan belajar mengajar di TPQ al-Furqon Slahung dimulai pada pukul 14.30 WIB sampai pukul 16.30 WIB. Untuk mengetahui keberhasilan murid dalam belajar al-Qur’an dengan Metode Usmani, TPQ al-Furqon Slahung menggunakan dua jenis tes atau evaluasi, yaitu tes pelajaran dan tes kenaikan juz/jilid. (2) Kendala TPQ al-Furqon Slahung dalam menerapkan Metode Usmani yaitu: a). saat pertemuan awal dengan santri baru, santri cukup kesulitan dalam membaca huruf hijaiyah dengan Makhārij al-ḥurūf yang benar. b). Beberapa kendala dalam menerapkan aturan pembelajaran Metode Usmani seperti menerapkan sistem modul, sistem drill atau banyak latihan dan langsung praktek bacaan bertajwīd. c). waktu yang tidak cukup, jumlah santri yang hadir serta kehadiran guru yang mengajar hanya sedikit membuat pembelajaran menjadi tidak efektif. d). Evaluasi atau tes kenaikan juz/jilid di TPQ al-Furqon Slahung tidak dilakukan dengan serempak atau bersama dalam satu kelas. (3) Kontribusi Metode Usmani terhadap kemampuan membaca al-Qur’an santri dengan Makhārij al-ḥurūf di TPQ al-Furqon Slahung yaitu santri TPQ al-Furqon Slahung dapat membedakan setiap huruf hijaiyah dengan harakat yang sama atau berbeda dan santri TPQ al-Furqon Slahung juga dapat membaca ayat dalam al-Qur’an dengan terdengar lebih jelas Makhārij al-ḥurūf-nya. Untuk meningkatkan kemampuan membaca santri agar dapat membaca dengan Makhārij al-ḥurūf yang tepat, guru TPQ al-Furqon Slahung menerapkan aturan pembelajaran Metode Usmani dan prinsip dasar bagi guru pengajar Metode Usmani. Selain itu, guru TPQ al-Furqon Slahung juga mengajarkan teknik membaca huruf tebal dan tipis, yaitu membaca ngono/mecucu dan ngene/meringis untuk mempermudah santri dalam membaca Makhārij al-ḥurūf dengan mudah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:40
Last Modified: 23 Nov 2022 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21551

Actions (login required)

View Item View Item