Manajemen Pembelajaran Program Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Era Digital di MAN 1 Ponorogo

Wahyuningsih, Sri (2022) Manajemen Pembelajaran Program Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Era Digital di MAN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180058_Sri Wahyuningsih_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dari waktu kewaktu peradaban dunia berubah dan kian berkembang, hingga dimana saat ini menjadi era serba digital. Perubahan yang terjadi saat ini sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi secara pesat. Dalam dunia pendidikan pun tak terlewatkam dari perubahan tersebut, sehingga pembelajaran perlu memanfaatkan dan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi. Untuk itu pembelajaran perlu dikelola dengan sangat matang, karena guru sebagai pengajar adalah sebagai ujung tombak yang dapat menentukan seperti apa tujuan kedepannya dari sebuah pendidikan.
Rpenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari program Teknologi Informasi dan Komunikasi di MAN 1 Ponorogo, dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Program Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Era Digital di MAN 1 Ponorogo. 2) Bagaimana Penerapan Pembelajaran Program Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Era Digital di MAN 1 Ponorogo. dan 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Program Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Era Digital di MAN 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Koord. IT, Guru Animasi, Multimedia, Desain Grafis, serta siswa. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi Teknik.
Dapat disimpulkan 1) Perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di MAN 1 Ponorogo adalah dengan membentuk tim khusus pengelola program keterampilan yang difasilitasi oleh waka kurikulum serta dengan acuan prodistik ITS Surabaya. Perencanaan pembelajaran tersebut pengelola merancang silabus, rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP), program tahunan (prota), dan program semester (promes), sebagai acuan guru dalam melaksanakan pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di MAN 1 Ponorogo, ada dua metode pembelajaran yakni teori dan praktek. Pembelajaran dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi ini merupakan program pembelajaran sebagai bentuk dari kerjasama dengan prodistik ITS Surabaya. 3) Evaluasi pembelajaran pada pelajaran program Teknologi Informasi dan Komunikasi di MAN 1 Ponorogo berbentuk tes, cek list dokumen, dan wawancara. Objek dari evaluasi adalah peserta didik, guru dan pelaksana program TIK.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:36
Last Modified: 23 Nov 2022 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21547

Actions (login required)

View Item View Item