Identifikasi Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Ips Tematik Siswa Kelas V Di Min 4 Ponorogo

Aziz, Abdul (2022) Identifikasi Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Ips Tematik Siswa Kelas V Di Min 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180134_ABDUL AZIZ_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 menjelaskan bahwa pendidikan merupakan usaha yang dilakukan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mampu mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dalam mencapai tujuan pendidikan tersebut, sekolah sebagai pengaplikasian pendidikan merupakan salah satu aspek penting. Pembelajaran harus memiliki komponen yang mempengaruhi proses belajar mengajar, salah satunya adalah metode pembelajaran. Urgensi penggunaan metode pembelajaran yang tepat akan mempengaruhi hasil belajar dan tujuan belajar yang hendak dicapai. Pemilihan metode pembelajaran hendaknya berorientasi pada suasana belajar yang aktif. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode Mind Mapping. Penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping ini diaplikasikan dalam pembelajaran IPS Tematik di MIN 4 Ponorogo yang dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar pada siswa kelas V.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode mind mapping pada pembelajaran IPS Tematik siswa kelas V di MIN 4 Ponorogo, (2) mendeskripsikan kreativitas siswa melalui metode pembelajaran mind mapping pada pembelajaran IPS Tematik kelas V di MIN 4 Ponorogo, (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran mind mapping pada pembelajaran IPS Tematik kelas V di MIN 4 Ponorogo.
Penelitian ini dirancang menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Data dalam penelitian ini meliputi data latar umum penelitian dan data terkait upaya guru dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar melalui metode mind mapping pada pembelajaran IPS tematik kelas V MIN 4 Ponorogo dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis yang digunakan menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpula.
Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa ; (1) pada kelas V MIN 4 Ponorogo pada pembelajaran IPS tematik penggunaan metode Mind mapping dinilai sebagai konsep pembelajaran yang menarik karena dengan metode ini, membuat siswa mengetahui inti materi, dan membuat peta pikirannya sesuai dengan kreativitasnya, (2) kreativitas siswa pada pembelajaran IPS tematik melalui metode mind mapping kelas V di MIN 4 Ponorogo meningkat dengan indikator kreativitas yakni kefasihan /kelancaran, dan berfikir luwes menghasilkan gagasan dari berbagai sudut pandang., (3) hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tematik melalui metode mind mapping kelas V di MIN 4 Ponorogo meningkat pada ranah kognitif yakni pencapaian tujuan pada tingkat pemahaman, penerapan, analisis, dan evaluasi yang dibuktikan dengan hasil post test serta kuis singkat pada akhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:11
Last Modified: 23 Nov 2022 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21536

Actions (login required)

View Item View Item