(FILE KOSONG..SILAKAN UPLOAD ULANG)..Tinjauan Fikih Muamalah terhadap Jual Beli Sistem Dropshipping pada Online Shop Zm Store Ronowijayan Kecamatan Siman Ponorogo

Ummah, Roudhotul (2022) (FILE KOSONG..SILAKAN UPLOAD ULANG)..Tinjauan Fikih Muamalah terhadap Jual Beli Sistem Dropshipping pada Online Shop Zm Store Ronowijayan Kecamatan Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Ummah, Roudhotul, 2022. Tinjauan Fikih Muamalah terhadap Jual Beli Sistem Dropshipping pada Online Shop Zm Store Ronowijayan Kecamatan Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Isnatin Ulfah, M.H.I.

Kata Kunci/keyword: Fikih Muamalah, Akad Salam, Dropshipping
Jual beli merupakan transaksi antara satu orang dengan orang lain yang berupa tukar menukar suatu barang dengan barang yang lain berdasarkan tata cara atau akad yang lain. Kemudian adanya kemajuan teknologi ini dimanfaatkan oleh para pelaku usaha sebagai media promosi suatu produk atau jasa. Hal ini memicu munculnya bisnis online, yang kemudian muncul ide tentang jual beli sistem dropshipping. Dropshipping adalah jual beli yang di mana penjual tidak memiliki stok barang sama sekali. Penjual sebagai dropshipper hanya bermodalkan gambar dari pemasok (supplier) tanpa adanya kerjasama atau izin dari suppliernya ketika memposting gambar. Kemudian dipasarkan kepada konsumen dengan harga yang ditetapkan sendiri. Sistem jual beli dropshipping ini tentu menyalahi dari salah satu syarat jual beli salam, selain itu jual beli barang yang tidak dimiliki merupakan suatu hal yang dilarang. Hal ini menimbulkan kegelisahan peneliti tentang bagaimana tinjauan fikih muamalah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana tinjauan fikih muamalah terhadap shi>gat transaksi dalam jual beli dropshipping pada online shop Zm Store Ponorogo? (2) bagaimana tinjauan fikih muamalah terhadap objek dalam jual beli dropshipping pada online shop Zm Store Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara sedangkan analisis yang digunakan adalah menggunakan metode induktif, yaitu metode berfikir dari yang khusus atau fakta hingga menghasilkan yang umum atau teori dengan mengacu kepada fikih muamalah.
Berdasarakan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa, pertama shi>gat nya sudah sesuai dengan fikih muamalah, karena sudah memenuhi rukun dari akad jual beli salam yaitu adanya kata “memesan” dan keduanya juga sudah menggunakan kalimat menerima. Contohnya: “saya pesan kepadamu barang ini, lalu dijawab oleh pihak lain: “saya terima pesanan itu” untuk pembayaran bisa dilakukan diawal dan diakhir. Penjual dan pembeli juga sudah cakap hukum (baligh atau mumayyiz dan berakal). Kedua objek sudah sesuai, karena kondisi dan ketersediaan barang sudah ada kejelasan dari dropshipper kepada pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Isnatin Ulfah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:29
Last Modified: 23 Nov 2022 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21535

Actions (login required)

View Item View Item