Pelaksanaan Pembiayaan Mudharabah di KSPPS An-Nisa Dusun Melikan Desa Wayut Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Perspektif Fatwa DSN No. 07/DSN-MUI/IV/2000

Rofiqoh, Syayidah (2022) Pelaksanaan Pembiayaan Mudharabah di KSPPS An-Nisa Dusun Melikan Desa Wayut Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Perspektif Fatwa DSN No. 07/DSN-MUI/IV/2000. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
102180030_SYAYIDAH ROFIQOH_HUKUM EKONOMI SYARIAH (MUAMALAH).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rofiqoh, Syayidah, 2022. Pelaksanaan Pembiayaan Mud}a>rabah Di KSPPS An-Nisa Dusun Melikan Desa Wayut Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Perspektif Fatwa DSN No. 07/DSN-MUI/IV/2000. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Martha Eri Safira, M.H.
Kata kunci/keyword: Fatwa DSN No. 07/DSN-MUI/IV/2000, Pembiayaan Mud}a>rabah, Pembiayaan Mud}a>rabah di KSPPS An-Nisa

Dalam Fatwa DSN No. 07/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Pembiayaan Mud}a>rabah dijelaskan bahwa kegiatan usaha adalah hak eksklusif mudharib, tanpa campur tangan penyedia dana, tetapi ia mempunyai hak untuk melakukan pengawasan, penyedia dana tidak boleh mempersempit tindakan pengelola yang dapat menghalangi tercapainya tujuan mudharabah, pengelola tidak boleh menyalahi hukum syari’ah Islam. Dalam hal keuntungan, syarat keuntungan yaitu harus diperuntukkan bagi kedua pihak dan tidak boleh disyaratkan hanya untuk satu pihak, bagian keuntungan proporsional bagi setiap pihak harus diketahui dan dinyatakan pada waktu kontrak disepakati dan harus dalam bentuk prosentasi (nisbah) dari keuntungan. Di KSPPS An-Nisa mengenai kegiatan usaha ini bahwa saat melakukan pengajuan pembiayaan mengatakan modal digunakan untuk usaha, akan tetapi juga digunakan untuk kebutuhan pribadi, serta pengurus juga tidak melakukan survei sebagai bentuk hak pengawasan. Besarnya nisbah bagi hasil telah ditentukan yakni sebesar 1% dari jumlah modal awal yang digunakan untuk pembiayaan yang diberikan kepada KSPPS.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana analisis Fatwa DSN No. 07/DSN-MUI/IV/2000 terhadap proses usaha pada pembiayaan mud}a>rabah di KSPPS An-Nisa Wayut? Bagaimana analisis Fatwa DSN No. 07/DSN-MUI/IV/2000 terhadap kesepakatan pembagian bagi hasil dalam pembiayaan mud}a>rabah di KSPPS An-Nisa Wayut?
Dalam penelitian ini menggunakan metode lapangan/metode kualitatif (field research) karena melakukan pengamatan langsung sedangkan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi, dalam penelitian ini menggunakan metode induktif karena melakukan pengamatan langsung.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan pertama, tentang kegiatan usaha yang ada di KSPPS An-Nisa belum semuanya sesuai dengan fatwa No. 07/DSN-MUI/IV/2000 dikarenakan pihak pengurus mengetahui usaha dari anggota, tetapi tidak memberikan saran dan evaluasi terhadap pengelola usaha sebagai bentuk hak melakukan pengawasan. Kedua, kesepakatan bagi hasil di KSPPS An-Nisa belum sesuai dengan fatwa No. 07/DSN-MUI/IV/2000 dikarenakan tidak menentukan prosentase tiap-tiap pihak tetapi hanya bagian yang akan diberikan kepada KSPPS, sudah ditentukan besarnya yakni 1% dengan melihat dari jumlah modal, bukan dari jumlah keuntungan yang didapat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Martha Eri Safira
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:28
Last Modified: 23 Nov 2022 02:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21534

Actions (login required)

View Item View Item