Dampak Pembatasan Pembelajaran Luring Pasca Pandemi Covid 19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Pada Siswa SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo

Zakaria, Muhammad Alfi (2022) Dampak Pembatasan Pembelajaran Luring Pasca Pandemi Covid 19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Pada Siswa SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180154_Muhammad Alfi Zakaria_PAI .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alfi Zakaria, Muhammad, 2022. Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Luring Pasca Pandemi Covid 19 Di Sma Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Arif Rahman Hakim, M. Pd

Kata Kunci: Dampak Pembelajaran Luring, kegiatan pembelajaran intrakurikuler, kegiatan pembelajaran eksrtrakurikuler.

Pembelajaran adalah proses yang mengandung serentet perbuatan yang melibatkan antara guru dengan murid dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pada dasarnya persepsi manusia itu berbeda beda-beda. Dampak meupakan benturan, pengaruh yang mendatangkan akibat positif maupun negatif. Pengaruh adalah daya yang ada dan timbul dari suatu orang atau benda yang ikut membentuk watak, kepercayaan atau perbuatan seseorang. Pengaruh adalah suatu keadaan diamana ada hubungan timbal balik atau hubungan sebab dan akibat antara apa yang mempengaruhi dari apa yang mempengaruhi dengan apa yang dipengaruhi. Kemudian seseorang dapat menarik kesimpulan atau pemahan atas kejadian tersebut, entah pemahaman yang diterima itu baik ataupun buruk. Merujuk pada problem tersebut peneliti, tertarik melakukan penelitian di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo dengan berbagai pertimbangan yaitu dikarenakan penulis mendapatkan problem saat praktikum magang yang di selenggarakan oleh pihak kampus IAIN Ponorogo di situ penulis mendapati problem siswa di saat kegiatan KBM berlangsung siswa banyak yang tidak fokus menyimak pembelajaran, kemudian masih banyak yang bermain HP disaat KBM berlangsung bahkan saat ujianpun ada juga yang bermain HP, lalu penulis menanyakan kepada beberapa siswa kenapa prilaku siswa begitu meraka menjawab karena masih terbawa suasana dengan pembelajran daring.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan dampak pembelajaran luring dalam kegiatan pembelajaran intrakurikuler pasca covid 19 di SMA Muhmmadiyah 1 Ponorogo. (2) Mendeskripsikan dampak pembelajaran luring dalam kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler pasca covid 19 di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis penelitiannya menggunakan teorinya Miles dan Hubermen yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (data conclusion of verification).
Dari hasil data analisis bahawa siswa di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo menyetujui dengan sistem pembelajaran luring yang diterapkan oleh sekolah hal tersbut dapat dilihat dari pandangan siswa yang senang jika dalam proses belajarnya dilakukan secara langsung, kemudian siswa masih sedikit terpengaruh pembelaran luring dan berdampak pada minat belajar siswa yang sedikit menurun dan penggunaan HP yang berlebihan saat KBM, meskipun pembelajaran daring masih mempengaruhi dan berdampak pada kegiatan pembelajaran intrakurikuler namun dalam pembelajarannya sudah berjalan dengan lanacar dan lebih efektif. Sedangkan pandangan siswa terhdap kegiatan pembelajaran ekstrakurikulernya tidak terpengaruh dari pembelajaran daring dan tidak berdampak dalam kegiatannya justru para siswa merasa senang jika kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan dipembelajaran luring karena dalam kegiatannya bisa berjalan dengan baik dan lebih efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:21
Last Modified: 23 Nov 2022 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21533

Actions (login required)

View Item View Item