Upaya Organisasi Mgmp (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Akidah Akhlak Jenjang Mts (Madrasah Tsanawiyah) Dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Kabupaten Madiun

Damaisa, Claudyah (2022) Upaya Organisasi Mgmp (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Akidah Akhlak Jenjang Mts (Madrasah Tsanawiyah) Dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180292_CLAUDYAH DAMAISA_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Damaisa, Claudyah. 2022. Upaya Organisasi MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Akidah Akhlak Jenjang MTs (Madrasah Tsanawiyah) dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru di Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Arif Rahman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan, Potensi, Pedagogik Guru
Keberhasilan suatu proses pendidikan sangat dipengaruhi oleh peran strategis seorang guru melalui profesionalitas kompetensi-kompetensi yang dimilikinya, salah satunya adalah kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik pada dasarnya adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik juga merupakan kompetensi khas dari seorang guru. Untuk meningkatkan profesionalitas kompetensi tersebut, maka pengembangan pemberdayaan guru dapat dilakukan dengan mengikuti organisasi profesi, salah satunya adalah MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), yakni sebuah organisasi yang dibuat sebagai wadah pengembangan berbagai kompetensi guru.
Tujuan penelitian ini meliputi (1) Mendiskripsikan kompetensi pedagogik guru akidah akhlak Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Madiun; (2) Mendiskripsikan pelaksanaan kegiatan MGMP dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru akidah akhlak Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Madiun; (3) Mendiskripsikan kendala yang dihadapi MGMP dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru akhidah akhlak Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Madiun.
Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif untuk mengkaji lebih dalam aspek permasalahan di lapangan atau biasa disebut dengan field research. Peneliti mengumpulkan data dengan melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi, untuk kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data yang telah diperoleh, dan yang terakhir menarik kesimpulan dari data tersebut.
Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan: (1) kompetensi pedagogik guru akidah akhlak madrasah tsanawiyah di Kabupaten Madiun, dikatakan cukup baik karena keseluruhan guru sudah dapat memenuhi karakteristik peserta didiknya dengan baik, guru guru akidah akhlak madrasah tsanawiyah di Kabupaten Madiun sudah mampu melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum, seperti menyusun Silabus, RPP serta dokumen lainnya yang mendukung proses pembelajaran serta melakukan penilaian dan evaluasi terkait proses pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya, (2) pelaksanaan kegiatan MGMP menjadi kegiatan rutin seperti berdiskusi atas permasalahan pembelajaran, dan kegiatan pengembangan lain seperti pelatihan ICT, diklat, dan seminar. (3) kendala yang dihadapi MGMP dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru akidah akhlak madrasah tsanawiyah di Kabupaten Madiun, yaitu dalam hal jarak dan waktu saat diadakan kegiatan atau pertemuan, pendanaan yang belum optimal, serta sarana dan prasarana yang belum memadai, seperti tempat kesekertariatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:20
Last Modified: 23 Nov 2022 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21532

Actions (login required)

View Item View Item