Pengaruh Keteladanan Kyai Dan Lingkungan Pesantren Terhadap Pembentukan Karakter Dasa Jiwa Kapribaden Santri Di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Sarpon Ponorogo

Wulandari, Fitria (2022) Pengaruh Keteladanan Kyai Dan Lingkungan Pesantren Terhadap Pembentukan Karakter Dasa Jiwa Kapribaden Santri Di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Sarpon Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180086_FITRIA WULANDARI_Pendidikan Agama Islam .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wulandari, Fitria. 2022. Pengaruh Keteladanan Kyai dan Lingkungan Pesantren terhadap Pembentukan Karakter Dasa Jiwa Kapribaden Santri di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Sarpon Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Ayunda Riska, S.Pd.
Kata Kunci: Keteladanan Kyai, Lingkungan Pesantren, Karakter Dasa Jiwa Kapribaden Santri
Pada hakikatnya pendidikan adalah proses pematangan kualitas hidup manusia. Dilihat dari tujuan dan fungsi pendidikan tidak hanya tentang pengembangan ilmu pengetahuan saja, tetapi juga diimbangi dengan pembentukan karakter peserta didik. Dalam konteks pendidikan di pesantren, terdapat dua faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter santri yaitu faktor internal dan eksternal. Permasalahannya Kyai sudah menunjukkan teladan dan contoh yang baik kepada santrinya seperti menyambung silaturahim, disiplin, berperilaku sopan, bertutur kata yang baik tetapi ada santri yang tidak mengikuti keteladanan yang dicontohkan oleh kyai serta adab dan pergaulan antara santri yang berasal dari lingkungan berbasis agama dan umum berbeda.Dengan demikian, keteladanan kyai dan lingkungan pesantren memiliki pengaruh terhadap pembentukan Karakter Dasa Jiwa Kapribaden Santri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah keteladanan kyai berpengaruh terhadap pembentukan Karakter Dasa Jiwa Kapribaden Santri Di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Sarpon Ponorogo (2) apakah lingkungan pesantren memiliki pengaruh terhadap pembentukan Karakter Dasa Jiwa Kapribaden Santri Di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Sarpon Ponorogo (3) apakah keteladanan kyai dan lingkungan pesantren berpengaruh terhadap pembentukan Karakter Dasa Jiwa Kapribaden Santri Di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Sarpon Ponorogo, dan diantara kedua variabel tersebut, variabel yang mana yang paling dominan berpengaruh terhadap varibel terikatnya.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa 1) keteladanan kyai memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan Karakter Dasa Jiwa Kapribaden Santri di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Sarpon Ponorogo, dengan pengaruhnya sebesar 82% sedangkan 18% dipengaruhi oleh faktor lain dengan garis regresi Y = -59,483 + 3,797X1; 2) lingkungan pesantren memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan Karakter Dasa Jiwa Kapribaden Santri di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Sarpon Ponorogo, dengan pengaruhnya sebesar 76% sedangkan 24% dipengaruhi oleh faktor lain dan garis regresi Y = -44,360 + 1,766X2; 3) keteladanan kyai dan lingkungan pesantren memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan Karakter Dasa Jiwa Kapribaden Santri di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Sarpon Ponorogo, dengan pengaruhnya sebesar 81% dalam pembentukan Karakter Dasa Jiwa Kapribaden santri sedangkan 19% dipengaruhi oleh faktor lain dan garis regresi Y = 101,438 + 2,163X1 + 1,020X2. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keteladanan kyai memiliki pengaruh lebih besar terhadap pembentukan Karakter Dasa Jiwa Kapribaden santri yaitu sebesar 82% dan 18% dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya seperti faktor kemampuan rasional yang ada dalam diri santri, lingkungan kampus, pergaulan, teman sebaya, perkembangan zaman dan teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:19
Last Modified: 23 Nov 2022 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21531

Actions (login required)

View Item View Item