Manajemen Kurikulum Dalam Peningkatan Mutu pembelajaran di MAN 2 Kota Madiun

Fattania, Nuayma (2022) Manajemen Kurikulum Dalam Peningkatan Mutu pembelajaran di MAN 2 Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180048_Nuayma Fattania_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fattania, Nuayma. 2022. Manajemen Kurikulum dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di MAN 2 Kota Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pemdidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Mukhibat, M.Ag.

Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Peningkatan Mutu, Pembelajaran.

Manajemen kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam manajemen Pendidikan, yang mana kurikulum merupakan pedoman yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan sekolah terutama terkait tujuan, isi, bahan ajar dan sumber belajar yang digunakan dalam mencapai tujuan Pendidikan. Manajemen kurikulum sendiri merupakan salah satu komponen dalam peningkatan mutu pembelajaran, sehingga manajemen kurikulum harus dikelola dengan baik secara efektif dan efisien guna menghasilkan pembelajaran yang bermutu dan dapat mencapai tujuan Pendidikan. Hal demikian pula yang dilakukan di MAN 2 Kota Madiun dalam manajemen kurikulum yang dirancang secara sistematis dan melakukan inovasi terhadap pengembangan kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, akademik, sosial budaya, dan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu terkait manajemen kurikulum yang dilaksanakan di madrasah dapat dikaji lebih lanjut melalui penelitian ini.
Berdasarkan hal tersebut, maka pada penelitian ini berfokus dalam 1) Perencanaan manajemen kurikulum dalam peningkatan mutu pembelajaran di MAN 2 Kota Madiun, 2) Implementasi manajemen kurikulum dalam peningkatan mutu pembelajaran di MAN 2 Kota Madiun, 3) Evaluasi manajemen kurikulum dalam peningkatan mutu pembelajaran di MAN 2 Kota Madiun.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Proses pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta Teknik analisis data yang digunakan yaitu data condensation (kondensasi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing or verifications (penarikan kesimpulan). Dan dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi (sumber, teknik, waktu).
Berdasarkan hasil pengumpulan dan analisis data, penelitian ini dapat disimpulkan yaitu: 1) Proses perencanaan manajemen kurikulum dilakukan dengan mekanisme yang dibuat dan tersusun secara sistematik dalam struktur kurikulum yang baik untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran di madrasah. Kurikulum tersebut disusun dengan mengacu pada UU No. 20 tahun 2003 dan KMA No. 183/184. Pihak yang bertanggung jawab dalam perencanaan kurikulum yaitu kepala madrasah, waka kurikulum dan komite madrasah, serta guru. 2) Implementasi kurikulum di MAN 2 Kota Madiun, dimulai dengan pelaksanaan pembentukan tim pelaksana kegiatan (TPK), rencana dan jadwal untuk TPK. Serta dalam implementasi kurikulum menggunakan model dan metode pembelajaran yang dipilih dengan menyesuaikan kebutuhan peserta didik yang dinilai efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran, agar implementasi tetap dilaksanakan sesuai dengan rencana maka diadakan monitoring dan koordinasi. 3) Peningkatan mutu pembelajaran di MAN 2 Kota Madiun yaitu adanya evaluasi kurikulum yang dilaksanakan setiap akhir semester dengan pelaksanaan beberapa tahapan evaluasi yaitu: evaluasi tujuan, evaluasi sistem dan evaluasi proses. Selain itu juga evaluasi terhadap pencapaian dalam pembelajaran dilakukan evaluasi dengan melaksanakan penilaian-penilaian seperti: ulangan harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, dan penilaian akhir tahun, serta asesmen kompetensi minimum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:13
Last Modified: 23 Nov 2022 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21526

Actions (login required)

View Item View Item