Upaya Guru dalam Meningkatkan Moral Remaja Melalui Pembelajaran Kitab Washaya Al-Aba’ Li Al-Abna’ di Madrasah Diniyah Al-Istiqomah Desa Kedungputri Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi

Nugroho, Nur Kholis Akbar (2022) Upaya Guru dalam Meningkatkan Moral Remaja Melalui Pembelajaran Kitab Washaya Al-Aba’ Li Al-Abna’ di Madrasah Diniyah Al-Istiqomah Desa Kedungputri Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180404_NUR KHOLIS AKBAR NUGROHO_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nugroho, Nur Kholis Akbar. 2022. Upaya Guru Meningkatkan Moral Remaja Melalui Pembelajaran Kitab Washaya Al-Aba’ Li Al-Abnaa’). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I.
Kata Kunci: Guru, Moral, Kitab Washaya Al- Aba’ Li Al-Abnaa’
Pendidikan moral dengan penggunaan pedoman kitab Washaya Al-Aba’ Li Al-Abnaa’ merupakan salah satu bentuk upaya dalam meningkatkan moral remaja di Madrasah Diniyah Al-Istiqomah. Proses pendidikan yang berpedoman pada kitab Washaya Al-Aba’ Li Al-Abnaa’ didasarkan pada bentuk kepedulian Madrasah Diniyah Al-Istiqomah terhadap kemerosotan moral yang terjadi di desa kedungputri kecamatan paron kabupaten ngawi, kemerosotan moral ini meliputi kenakalan remaja, ketidak pahaman terhadap tatakrma, dan hilangnya kepedulian terhadap lingkungan atau kondisi disekitarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pemahaman ustadz terkit konsep pendidikan yang ada dalam kitab Washaya Al-Aba’ Li Al-Abnaa’. (2) Mengetahui upaya guru meningkatkan moral remaja di Madrasah Diniyah Al-Istiqomah dengan berpedeoman pada kitab Washaya Al-Aba’ Li Al-Abnaa’ (3) Mengetahui bagaimana upaya peningkatan moral remaja melalui pembelajaran akhlak yang berpedoman pada kitab upaya guru meningkatkan moral remaja di Madrasah Diniyah Al-Istiqomah dengan berpedeoman pada kitab Washaya Al-Aba’ Li Al-Abnaa’ di Madrasah Diniyah Al-Istiqomah.
Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukkanlah penelitian dengan metode kualitatif dengan pemaparan data secara deskriptif. Dalam proses pengumpulan data, teknik pengumpulan data yang dilakukkan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya adalah dengan reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan dan verifikasi data.
Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa (1) pemahaman ustadz terkait konsep pendidikan yang ada dalam kitab Washaya Al-Aba’ Li Al-Abnaa’ sesuai dengan adanya penjelasan yang diungkapkan dalam wawancara meliputi isi, maksud dan tujuan dari konsep pendidikan yang ada dalam kitab Washaya Al-Aba’ Li Al-Abnaa’ (2) upaya guru dalam membentuk moral pada remaja yaitu dengan pembelajaran akhlak yang berpedoman pada kitab Washaya Al- Aba’ Li Al-Abnaa’ serta diimbangi dengan berbagai pembiasaan, kedisiplinan dan teladan lansung dari para Ustadz dan Ustadzah , karena dengan pengajaran akhlak, pembiasaan dan praktek nyata dapat meningkatkan moral remaja tentang akhlak yang sesuai dengan agama Islam serta juga dapat membentuk moral yang baik dan diterima masyarakat umum. (3) dampak yang terjadi dijelaskan dengan adanya perubahan positif pada diri anak, dengan praktek langsung terhadap Ilmu yang telah dipelajari, dan adanya perubahan sikap ketika dirumah menjadi lebih baik yang didasarkan dari hasil wawancara kepada orangtua mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:07
Last Modified: 22 Nov 2022 04:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21511

Actions (login required)

View Item View Item