Efektivitas Penyalran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Desa Bangunrejo Sukorejo Ponorogo

Khoiriyah, Umilatul (2022) Efektivitas Penyalran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Desa Bangunrejo Sukorejo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
401180118_Umilatul Khoiriyah_Ekonomi Syariah.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Khoiriyah, Umilatul. Efektivitas Penyaluran Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Desa Bangunrejo Sukorejo Ponorogo. Skripsi 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dwi Setya Nugrahini, M. Pd.

Kata Kunci : BPNT, Keluarga Penerima Manfaat, Efektivitas Program

Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan salah satu bantuan sosial dalam bentuk non tunai yang diberikan pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat setiap bulannya melalui mekanisme perbankan. Tujuannya untuk meningkatkan ketepatan kelompok sasaran, memberikan gizi yang seimbang, meningkatkan ketepatan sasaran dan ketepatan waktu penerimaan, serta memberikan kendali kepada Keluarga Penerima Manfaat dalam memenuhi kebutuhan pangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik menentukan jumlah informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 15 orang. Teori yang digunakan yaitu, konsep efektivitas, konsep Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan konsep dampak.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyaluran program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Bangunrejo Sukorejo Ponorogo belum dapat dikatakan cukup efektif, indikator yang digunakan dalam mengukur efektivitas program yaitu ketepatan sasaran, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program. Namun harus diperbaiki mengenai ketepatan sasaran dikarenakan masih banyak ditemukan keluarga yang seharusnya berhak merasakan manfaat dari program tersebut tidak mendapatkan bantuan dan tujuan program perlu ditingkatkan lagi. Untuk pemantauan program meskipun sudah efektif namun masih ada beberapa kendala antara lain, data diri tidak sesuai yang mengakibatkan dana pada Kartu Keluarga Sejahtera tidak keluar, selain itu ketika penyaluran bantuan kepada KPM ada beberapa dari KPM yang susah dihubungi sehingga menghambat jalannya penyaluran bantuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Setya Nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:04
Last Modified: 22 Nov 2022 04:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21501

Actions (login required)

View Item View Item