Hubungan Antara Pemahaman Metode An-Nahdliyah Dan Suasana Lingkungan Belajar Dengan Minat Belajar Al-Qur'an Santri TPQ Al-Ikhlas Kapuran Ponorogo Tahun 2021/2022

Rohmah, Atika Fadhilatul (2022) Hubungan Antara Pemahaman Metode An-Nahdliyah Dan Suasana Lingkungan Belajar Dengan Minat Belajar Al-Qur'an Santri TPQ Al-Ikhlas Kapuran Ponorogo Tahun 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180042 ATIKA FADHILATUL ROHMAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rohmah, Atika Fadhilatul. 2022. Hubungan Antara Pemahaman Metode An-Nahdliyah Dan Suasana Lingkungan Belajar Dengan Minat Belajar Al-Qur’an Santri TPQ Al-Ikhlas Kapuran Ponorogo Tahun 2021/202. Skripsi. Jurusan Pedidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Basuki, M. Ag.

Kata kunci: Metode An-Nahdliyah, Suasana Lingkungan Belajar, Minat Belajar Al-Qur’an

Minat belajar merupakan kecenderungan atau keinginan dalam diri untuk mengetahui dan mempelajari sesuatu hal sehingga akan bertambahnya pengetahuan maupun keterampilan dalam diri. Peran Asatidz atau pengajar dalam meningkatkan Minat Belajar Al-Qur‘an Santri sangat berperan penting. Meningkatnya Minat Belajar Al-Qur‘an Santri bergantung pada kemampuan pemahaman Santri. Melihat realitas yang ada, permasalahan pada saat pembelajaran terjadi di lembaga pendidikan islam non-formal, khususnya pembelajaran Al-Qur‘an di TPQ Al-Ikhlas Kapuran. Berdasarkan hasil studi pendahuluan terdapat 70% Santri dengan Minat Belajar Al-Qur‘an yang masih kurang. Bentuk kurangnya Minat Belajar Al-Qur‘an Santri saat pembelajaran Al-Qur‘an meliputi kurangnya pemusatan perhatian, kondisional kelas, terdapat santri mengobrol dengan temanya, dan mengganggu teman lain. Berbagai permasalahan tersebut merupakan rendahnya Minat Belajar Al-Qur‘an Santri saat pembelajaran Al-Qur‘an. Kondisi demikian jika dibiarkan akan menyebabkan menurunnya pemahaman materi, ketepatan makharijul huruf, kefasihan bacaan Al-Qur‘an. Hal ini diduga Minat Belajar Al-Qur‘an Santri masih dikategorikan rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk memastikan adanya hubungan antara pemahaman Metode An-Nahdliyah dan Suasana Lingkungan Belajar dengan Minat Belajar Al-Qur‘an Santri.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk Mengetahui Hubungan Antara Pemahaman Metode An-Nahdliyah Dengan Minat Belajar Al-Qur‘an Santri TPQ Al-Ikhlas Kapuran Ponorogo Tahun 2021/2022. (2) Untuk Mengatahui Hubungan Antara Suasana Lingkungan Belajar Dengan Minat Belajar Al-Qur‘an Santri TPQ Al-Ikhlas Kapuran Ponorogo Tahun 2021/2022. (3) Untuk Mengetahui Hubungan Antara Pemahaman Metode An-Nahdliyah Dan Suasana Lingkungan Belajar Dengan Minat Belajar Al-Qur‘an Santri TPQ Al-Ikhlas Kapuran Ponorogo Tahun 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah populasi sebanyak 38 santri yang digunakan untuk sampel sejumlah seluruhnya dan teknik pengambilan data sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik angket. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi sederhana dan korelasi ganda.
Berdasarkan hasil analisis data memperoleh kesimpulan: (1) Berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat hubungan yang signifikan antara Pemahaman Metode An-Nahdliyah dengan Minat Belajar Al-Qur‘an Santri TPQ Al-Ikhlas Kapuran Ponorogo dengan koefisien korelasi sebesar 0,641 yang memiliki tingkat hubungan kuat. (2) Berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat hubungan yang signifikan antara Suasana Lingkungan Belajar dengan Minat Belajar Al-Qur‘an Santri TPQ Al-Ikhlas Kapuran Ponorogo dengan koefisien korelasi sebesar 0,601 yang memiliki tingkat hubungan kuat. (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat hubungan yang signifikan Pemahaman Metode An-Nahdliyah dan Suasana Lingkungan Belajar dengan Minat Belajar Al-Qur‘an Santri TPQ AL-Ikhlas Kapuran Badegan Ponorogo dengan nilai F change sebesar 0,000 yang memiliki arti bahwa F change < 0,05. Untuk tingkat hubungan sebesar 0,608 pada tabel Model Summary yang memiliki arti kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:29
Last Modified: 22 Nov 2022 03:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21496

Actions (login required)

View Item View Item