Pengaruh Penggunaan Metode Murattal terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri TPQ Al-Ikhlas Badegan Tahun 2021/2022

Imtikhanah, Muchlishotul (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Murattal terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri TPQ Al-Ikhlas Badegan Tahun 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180151 MUCHLISHOTUL IMTIKHANAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Imtikhanah, Muchlishotul. 2022. Pengaruh Penggunaan Metode Murattal terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPQ Al-Ikhlas Badegan Ponorogo Tahun 2021/202. Skripsi. Jurusan Pedidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dra. Aris Fitriani, M.Pd.
Kata kunci: Metode Murattal, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah proses pemahaman teks bacaan dengan memanfaatkan kemampuan melihat yang dimiliki oleh pembaca Al-Quran yang dilakukan secara nyaring atau dalam hati dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, agar bisa dipahami dan diamalkan maknanya. Oleh karena itu dengan mengimplementasikan metode yang mendukung saat pembelajaran maka akan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an para santri. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti masih terdapat 70% santri dengan kemampuan membaca Al-Qur’an yang masih kurang. Penggunaan metode murattal pada pembelajaran Al-Qur’an yang belum dipahami oleh santri secara maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Murattal terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPQ Al-Ikhlas Badegan Ponorogo Tahun 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto serta dilaksanakan di TPQ Al-Ikhlas Badegan Ponorogo. Jumlah populasi sebanyak 38 santri yang digunakan untuk sampel sejumlah seluruhnya dan teknik pengambilan data sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik angket. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data memperoleh kesimpulan: (1) Penggunaan metode murattal santri TPQ Al-Ikhlas Badegan Ponorogo tergolong sedang. Hal itu ditunjukkan oleh skor Penggunaan metode murattal santri TPQ Al-Ikhlas Badegan Ponorogo paling tinggi pada kategori sedang sebanyak 28 responden dengan presentase 74%. (2) Kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Al-Ikhlas Badegan Ponorogo tergolong sedang. Hal itu ditunjukkan oleh skor Kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Al-Ikhlas Badegan Ponorogo paling tinggi pada katergori sedang sebanyak 27 responden dengan presentase 71%. (3) Terdapat pengaruh penggunaan metode murattal terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Al-Ikhlas Badegan Ponorogo yang ditunjukkan berdasarkan Model Summary menunjukkan R2 sebesar 0,293 atau 29%. Jadi, penggunaan metode murattal memberikan pengaruh sebesar 29% terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Al-Ikhlas Badegan Ponorogo. Sehingga, dapat dikatakan semakin baik penggunaan metode murattal maka meningkat pula kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Al-Ikhlas Badegan Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aries Fitriani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:05
Last Modified: 22 Nov 2022 04:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21495

Actions (login required)

View Item View Item