PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARANBACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH AR-ROHIM KRICAK KARANGGENENG PITU NGAWI

Khoiriyah, Annisa Khusnul (2022) PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARANBACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH AR-ROHIM KRICAK KARANGGENENG PITU NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180031_ANNISA KHUSNUL KHOIRIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Khoiriyah, Annisa Khusnul. 2022 Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Ar-Rohim Kricak Karanggeneng Pitu Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. Agus Tricahyo, M.A.

Kata Kunci: Metode Tilawati, Pembelajaran, Baca Tulis Al-Qur’an
Penggunaan metode yang kurang tepat dalam suatu pembelajaran dapat menyebabkan hasil pembelajaran menjadi kurang baik. Salah satunya dalam pembelajaran Al-Qur’an. Di Madrasah Diniyah Ar-Rohim pembelajaran Al-Qur’an diterapkan dengan menggunakan metode tilawati, Metode tilawati merupakan metode pembelajaran Al-Qur’an yang menggunakan nada-nada tilawah dengan pendekatan yang seimbang antara pembiasaan melalui klasikal dan kebenaran membaca melalui individual dengan teknis baca simak. Dari hal tersebut diharapkan dapat meningkat sehingga hasil pembelajaran lebih efektif, berkualitas, dan sesuai harapan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode tilawati dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Ar-Rohim Kricak Karanggeneng Pitu Ngawi, serta untuk mendeskripsikan dampak implementasi metode tilawati dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur;an di Madrasah Diniyah Ar-Rohim Kricak Karanggeneng Pitu Ngawi.
Untuk menjawab pernyataan diatas, penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif serta dilaksanakan di Madrasah Diniyah Ar-Rohim Kricak Karanggeneng Pitu Ngawi. Sumber data utama penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan. Untuk menemukan data, peneliti menggunakan teknik wawancara kepada Ustadz Ustadzah Madrasah Diniyah, 4 santri dan 2 wali santri. Selebihnya, data observasi dan dokumentasi dari Madrasah Diniyah Ar-Rohim Kricak. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasilnya adalah: (1) Implementasi metode tilawati dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Ar-Rohim sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan pedemoman kurikulum pembelajaran metode tilawati. Pembelajaran metode tilawati meningkatkan kemmapuan dalam baca tulis Al-Qur’an, dengan tahapan pembelajaran yaitu, target pembelajaran, materi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. (2) Dampak metode tilawati dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Ar-Rohim yaitu, dapat meningkatkan minat dan kemampuan santri dalam baca tulis Al-Qur’an. Dengan adanya teknik klasikan dan individual baca simak tersebut santri-santri dapat belajar dengan senang dan proses pembelajaran berjalan dengan kondusif. Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an ini menunjukkan hasil yang bagus dan baik. Hal tersebut dapat dilihat hasil penilaian evaluasi atau munaqosyah yang telah dilaksanakan. Selain itu evaluasi pembelajaran ini juga berdampak pada meningkatnya kepercayaan diri para santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Tricahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:24
Last Modified: 22 Nov 2022 03:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21489

Actions (login required)

View Item View Item