..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Card Sort Siswa Kelas II MIN 4 Labuhanbatu Selatan Tahun Ajaran 2021/2022

Rokim, Muhammad (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Card Sort Siswa Kelas II MIN 4 Labuhanbatu Selatan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617006_MUHAMMAD ROKIM_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rokim, Muhammad. 2022. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Card Sort Siswa Kelas II MIN 4 Labuhanbatu Selatan Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Risma Dwi Arisona, M.Pd.

Kata Kunci : Card Sort, Hasil Belajar.
Observasi yang dilakukan, peneliti melihat guru menyampaikan pembelajaran ada siswa yang sedang asik bermain, mengobrol, dan mengantuk. Siswa tidak semangat untuk belajar dan pembelajaran masih pasif. Mengakibatkan hasil belajar menjadi rendah.
Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) Mengetahui penerapan metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar pada Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas II MIN 4 Labuhanbatu Selatan Tahun Ajaran 2021/2022. (2) Meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan metode Card Sort siswa kelas II MIN 4 Labuhanbatu Selatan Tahun Ajaran 2021/2022.
Penilitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II MIN 4 Labuhanbatu Selatan dengan jumlah 17 siswa (4 laki-laki dan 13 perempuan). Instrumen penelitian menggunakan observasi, pre-test, post-test, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dan indikator keberhasilan diperoleh dari jawaban soal evaluasi siswa. Metode penelitian menggunakan metode Card Sort.
Penilaian Pra-Siklus hanya memperoleh nilai rata-rata 57,47 (29%) dimana belum sesuai KKM yang ditentukan. Hasil penilaian siklus 1 menggunakan metode Card Sort meningkat dan mendapat nilai rata-rata 60,76 (47%). Hasil penilaian siklus 2 menggunakan metode Card Sort juga meningkat dengan nilai rata-rata 79,71 (88%). Dari hasil penelitian metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas II MIN 4 Labuhanbatu Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:17
Last Modified: 22 Nov 2022 03:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21478

Actions (login required)

View Item View Item