Konsep Keluarga Sakinah Dalam Pandangan Politisi Perempuan (Studi Terhadap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ponorogo)

Aningrum, Arisel Wiji (2022) Konsep Keluarga Sakinah Dalam Pandangan Politisi Perempuan (Studi Terhadap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
101180019_Arisel Wiji Aningum_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aningrum, Arisel Wiji. 2022. Konsep Keluarga Sakinah Dalam Pandangan Politisi Perempuan (Studi Terhadap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Saifullah, M.Ag.

Kata Kunci/keyword:Keluarga, Sakinah, PolitisiPerempuan.

Keterlibatan perempuan dalam politik dari waktu kewaktu terus mengalami peningkatan, keterlibatan tersebut telah diatur dalam UU Nomor 68 tentang Ratifikasi Konvensi Hak Politik Perempuan, yang didalamnya mengatur mengenei perwujudan kesamaan kedudukan, jaminan persamaan hak memilih dan dipilih, jaminan partisipasi dalam perumusan kebijakan, kesempatan menempati posisi birokrasi, dan jaminan partisipasi dalam organisasi sosial politik. Dalam hal ini menunjukkan keikutsertaan serta peran perempuandalam partai politik sangat dibutuhkan. Politisi perempuan yang telah menikah dituntut agar dapat menyeimbangkan dalam pemenuhan kewajiban antara sebagai ibu rumah tangga dengan kewajiban sebagai anggota dewan, serta dapat pula mewujudkan tujuan daripadapernikahan, yaitu membentuk keluarga yang didalamnya terdapat kebahagian serta ketentraman yang dapat dirasakan bagi seluruh anggota keluarganya.
Oleh karena itu, perempuan yang terjun dalam dunia politik bila tak dapat menyeimbangkan perannya dalam rumah tangga dan dalam partai politikakanrentan terjadinya konflik yang dapat menyebabkan perceraian. Politisi perempuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ponorogo dalam kiatnya mewujudkan pernikahan yang sakinah memiliki pandangan serta upaya-upaya dalam mempertahannkan keutuhan rumah tangga yang didalamnya terdapat kebahagiaan dan ketentraman.
Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman politisi perempuan yang duduk di DPRD Kabupaten Ponorogo terhadap konsep keluarga sakinah. Yang kedua adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan politisi perempuan anggota DPRD Kabupaten Ponorogo dalam membentuk keluarga sakinah.Adapun jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara untuk menggali data dan mereduksinya.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pandangan politisi perempuan DPRD Ponorogo tentang konsep keluarga sakinah sesuai dengan empat indikator keluarga sakinah menurut M. Quraish Shihab yaitu, setia kepada pasangan hidup, menepati janji, menjaga nama baik dan saling perngertian dan, berpegang teguh pada ajaran agama. Sedangkan upaya yang dilakukan politisi perempuan telah sesuia dengan pendapat M. Quraish Shihab yaitu menjalin komunikasi dengan baik antar anggota keluarga, memiliki waktu khusus untuk keluarga, selalu berusaha saling percaya dan jujur, mampu mengartikan dan menempatkan diri sesuai dengan posisinya, menghargai dan menghormati hak-hak masing-masing anggota keluarga, sikap saling terbuka, serta saling mendoakan, yang mana hal itu tak pernah lepas dari ridha serta kerjasama dari suami dalam membentuk keluarga sakinah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Saifullah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 01:09
Last Modified: 23 Nov 2022 01:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21464

Actions (login required)

View Item View Item