Tinjauan Efektivitas Hukum terhadap Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Wakaf di KUA Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo

Zubaidi, Muhammad Syahrul (2022) Tinjauan Efektivitas Hukum terhadap Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Wakaf di KUA Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-MUHAMMAD SYAHRUL ZUBAIDI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Zubaidi, Muhammad Syahrul, 2022. Tinjauan Efektivitas Hukum Terhadap Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Wakaf Di KUA Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Skripsi 2022. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ahmad Syakirin, S.H., M.H.
Kata Kunci: Efektivitas Hukum, Proses Pendaftaran Wakaf, Tanah Wakaf
Adanya peraturan perundang-undangan merupakan upaya pemerintah untuk melaksanakan proses pendaftaran tanah wakaf sesuai dengan aturan yang berlaku. Adanya pendaftaran tanah wakaf bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan juga kekuatan hukum harta benda wakaf. Namun tanah wakaf yang berada di sekitar KUA Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo masih terdapat tanah wakaf yang belum didaftarkan wakaf padahal tanah tersebut sudah dimanfaatkan masyarakat. Hal ini disebabkan karena kurangnya kepedulian masyarakat mengenai tanah wakaf. Dalam efektivitas hukum terdapat proses wakaf yang belum efektif dikarenakan hanya melakukan prosesnya berdasarkan lisan. Alur dalam pewakafan tanah adalah seorang wakif menunjuk siapa yang akan menjadi nadhir dan setelah itu didaftarkan di KUA/PPAIW, setelah itu melaksanakan ikrar wakaf dan jadilah akta ikrar wakaf dan apabila ingin mensertifikatkan maka ke BPN dan jadilah sertifikat tanah.
Rumusan masalah yang diangkat berdasarkan latar belakang di atas adalah bagaimana tinjauan efektivitas hukum terhadap proses atau prosedur pelaksanaan pendaftaran tanah wakaf di KUA Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo?, bagiamana tinjauan efektivitas hukum terhadap faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pendaftaran tanah wakaf di KUA Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo?
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif. Sedangkan tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan menggunakan metode deduktif yakni memaparkan teori terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan fakta lalu menarik kesimpulan.
Kesimpulannya pertama, bahwa sebagian masyarakat masih tergolong rendah belum bisa menunjukkan keberhasilan dan belum bisa memahami tentang proses atau prosedur tentang pendaftaran tanah wakaf. Kedua, faktor yang menghambat yaitu adanya sikap ketidakpedulian masyarakat mengenai pentingnya pendaftaran tanah wakaf hal ini terbukti masih enggannya masyarakat untuk melaksanakan pendaftaran benda wakaf. Serta faktor yang mendukung yaitu tanah yang didaftarkan segera mempunyai kekuatan hukum yang jelas dan legal serta agar tidak terjadi sengketa dikemudian hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Syakirin
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:13
Last Modified: 22 Nov 2022 03:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21455

Actions (login required)

View Item View Item