[FILE PDF BELUM ADA] Pagar Nusa Sebagai Media Dakwah di Desa Jurug Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo

Reskiyono, Joko (2022) [FILE PDF BELUM ADA] Pagar Nusa Sebagai Media Dakwah di Desa Jurug Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Reskiyono, Joko, NIM 211017096, 2022. Pagar nusa sebagai media dakwah di Desa Jurug Kecamatan Sooko. Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muchlis Daroini, S.Sos.I, M.Kom.I.

Kata Kunci : Pagar Nusa, Media, Dakwah, Fungsi

Pengaruh negatif dari lingkungan sekitar bisa jadi akan membuat kemerosotan moral setiap orang, oleh karena itu pembinaan moral menjadi hal yang penting. Setiap langkah dalam pembinaan moral tergantung Kegiatan di lingkungan tersebut. Media dakwah yang digunakan saat menyampaikan pesan, salah satunya melalui kegiatan pencak silat di Desa Jurug Kecamatan Sooko.
Penulis menemukan berbagai hal unik dalam Pencak Silat pagar nusa yang membuatnya berbeda dengan organisasi sejenis lainnya, adalah faham dan tradisi keagamaan yang spesifik yakni, Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah yang juga sering disebut kelompok tradisionalisme di kalangan Islam. Ahlussunnah Wal Jama’ah adalah orang yang mengikuti tuntunan dan kelompok (pengikut Nabi SAW) atau orang yang mengikuti sunnah Nabi. Pagar Nusa sebagai bagian dari kultur dan tradisi keagamaan Nahdlatul Ulama, juga menganut asas ketaatan menjalankan tradisi keagamaan dan petunjuk dari ulama sebagai pihak yang memiliki otoritas keagamaan.
Dalam Skripsi ini Penulis menggunkakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis field research menggunakan analisis fenomenologi Edmund Husserl, jenis data primer dan sekunder, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, validitas data melalui triangulasi sumber, teknik dan waktu, teknik analisis melalui transkrip, kategorisasi, analisis, verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pagar nusa sebagai media dakwah memiliki peran sebagai Pembinaan, pengembangan, pelestarian, dan pendayagunaan profesi seni, budaya, bela diri pencak silat, dan ketabiban dengan segala aspeknya, baik aspek seni, budaya, bela diri pencak silat, dan ketabiban sebagai cabang olahraga maupun seni budaya dan aspek ketabiban (mental spiritual) dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang berbudi luhur dan Pancasilais, dalam penyampaiannya melalui Aktivitas, jurus dan tradisinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:11
Last Modified: 22 Nov 2022 03:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21453

Actions (login required)

View Item View Item