MANFAAT KONSELING SEBAYA PIK-R PELITA DALAM MENGHADAPI KRISIS IDENTITAS DIRI ANGGOTA DI PC IPPNU PONOROGO

Wafda, Zakiya Hannani (2022) MANFAAT KONSELING SEBAYA PIK-R PELITA DALAM MENGHADAPI KRISIS IDENTITAS DIRI ANGGOTA DI PC IPPNU PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E Thesees Zakiya Hannan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Zakiya Hannani Wafda. 2022, Manfaat Konseling Sebaya PIK-R Pelita dalam Menghadapi Krisis Identitas Diri Anggota di PC IPPNU Ponorogo. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.Ag

Kata kunci: Konseling Sebaya, Krisis Identitas Diri

Banyak remaja yang cemas memikirkan bagaimana dia akan berjalan di masa depan. Krisis identitas diri menjadi salah satu yang dihadapi remaja saat ini. Mereka memiliki banyak tuntutan yang mana mengharuskan hidup sesuai dengan aturan yang dibuat oleh masyarakat. Bahkan jauh dari nilai yang ingin mereka cita-citakan. Kemudian ini yang menjadikan remaja merasa hidupnya penuh dengan dikte lingkungan yang akhirnya berimbas pada identitas dirinya. Maka dalam hal konseling sebaya ini menjadi alternatif yang cukup baik untuk para remaja yang membutuhkan dukungan dari usia sebayanya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka terdapat rumusan masalah. Adapun pertanyaan pertama yaitu bagaimana operasional konseling sebaya PIK-R Pelita dalam menghadapi krisis identitas diri anggota di PC IPPNU Ponorogo. Pertanyaan kedua yaitu bagaimana hasil yang diperoleh dari konseling sebaya PIK-R Pelita dalam menghadapi krisis identitas diri anggota.
Hasil dari penelitian dianalisis dan menunjukkan operasinal layanan konseling sebaya dilakukan oleh konselor dan konseli yang telah melakukan alur prosedural layanan konseling. Layanan ini dapat di akses oleh kalangan remaja tanpa ada batasan apapun. Hasil yang diperoleh dari layanan konseling ini menujukkan bahwa konseli memiliki krisis identitas diri yang menyebabkan mereka menjadi remaja yang tertutup, kehilangan percaya diri dan rasa aman. Dengan adanya kegiatan program konseling sebaya PIK-R Pelita ini mereka mendapat ruang untuk didengarkan dan berekspresi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:08
Last Modified: 22 Nov 2022 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21450

Actions (login required)

View Item View Item