..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Implementasi Penggunaan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Quran Anak-Anak Masjid Al-Yusuf Desa Nglambong Ponorogo

Saputra, Muhammad Zaki (2022) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Implementasi Penggunaan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Quran Anak-Anak Masjid Al-Yusuf Desa Nglambong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan proses belajar mengajar pada umumnya dilaksanakan secara normal, sebelum adanya pandemi Covid-19, tanpa adanya pembatasan waktu atau durasi pembelajaran di madrasah. Semenjak diterapkannya pembelajaran terbatas, durasi pembelajaran menjadi lebih singkat. Masjid Al-Yusuf adalah salah satu yang melaksanakan pembelajaran secara terbatas. Membaca Al-Qur’an dengan metode ummi merupakan salah satu pelajaran yang disampaikan dengan pembelajaran terbatas. Termasuk dalam kurikulum muatan lokal, apabila di sekolah setingkat SD yang wajib diajarkan mulai jenjang SD sampai menengah atas.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi bacaan alQur’an melalui metode ummi pada anak-anak di Masjid Al-Yusuf Desa Nglambong Ponorogo dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat analisis efektifitas meningkatkan bacaan Al-Qur’an melalui metode ummi pada anak-anak di Masjid Al-Yusuf Desa Nglambong Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan dan memperoleh data dengan teknik metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Peneliti mengecek keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan bahan referensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan dalam implementasi penggunaan metode ummi dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an anak-anak Masjid Al-Yusuf Desa Ngalmbong Ponorogo Jawa Timur sudah cukup baik. Perencanaan yang dilaksanakan guru dengan menyiapkan komponen pembelajaran, yaitu (1) Tujuan pembelajaran, (2) Materi pembelajaran, (3) Metode pembelajaran, (4) Alat atau media pembelajaran, (5) Sumber belajar, (6) Evaluasi pembelajaran. Adapun faktor pendukungnya yaitu pemanfaatan media pembelajaran yaitu dengan menggunakan papan tulis dan terkadang sesekali agar anak-anak tidak bosan guru memanfaatkan smartphone, media mp3 atau audio sebagai perantara dalam pembelajaran bacaan Al-Qur’an. Sedangkan kendala yang dihadapi guru yaitu kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran dan waktu pembelajaran yang sedikit. Dan kendala yang dialami siswa diantaranya kesulitan dalam memahami pelafalan nada metode ummi, kesulitan dalam melantunkan bacaan sesuai dengan kaidah, kesulitan dalam mempraktekkan sendiri di rumah ketika tanpa pengawasan guru dan waktu pembelajaran yang sedikit karena masih diterapkannya pembelajaran terbatas mengakibatkan materi yang disampaikan guru kurang dipahami oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:11
Last Modified: 22 Nov 2022 03:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21445

Actions (login required)

View Item View Item