[SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM ADA. UPLOAD ULANG SESUAI PETUNJUK (PILIH TYPE:THESIS)] Peran Ekstrakurikuler Kepramukaan Dalam Membentuk Akhlak Mulia Siswa di MA Al-Mukarrom Kauman Sumoroto Ponorogo

Fadhila, Ika Noor (2022) [SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM ADA. UPLOAD ULANG SESUAI PETUNJUK (PILIH TYPE:THESIS)] Peran Ekstrakurikuler Kepramukaan Dalam Membentuk Akhlak Mulia Siswa di MA Al-Mukarrom Kauman Sumoroto Ponorogo. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
201180099_Ika Noor Fadhila_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fadhila, Ika Noor. 2022. Peran Ekstrakurikuler Kepramukaan Dalam Membentuk Akhlak Mulia Siswa Di MA Al-Mukarrom Kauman Sumoroto Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Fery Diantoro M.Pd.I
Kata Kunci : Ekstrakurikuler, Kepramukaan, Akhlak Mulia.
Kegiatan ekstrakurikuler menjadi salah satu unsur penting dalam membangun kepribadian anak. Salah satu kegiatan ektrakurikuler yang dapat membantu membentuk akhlak mulia siswa adalah kegiatan kepramukaan. Kepramukaan adalah pendidikan di luar lingkungan sekolah dan diluar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik dilakukan di alam yang terbuka, dengan prinsip dan metode kepramukaan yang sasaran akhirnya adalah pembentukan watak. Sala h satu madrasah yang menerapkan ekstrakurikuler kepramukaan dalam membentuk akhlak mulia siswa adalah Madrasah Aliyah Al-Mukarrom Kauman Sumoroto Ponorogo. Kegiatan kepramukaan di MA Al-Mukarrom tidak hanya menjadi kegiatan ekstrakurikuler saja, tetapi juga menjadi kegiatan wajib bagi siswa kelas 10 sebagai salah satu sarana pembentukan karakter di madrasah tersebut.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler kepramukaan dalam membentuk sikap akhlak mulia di MA Al-Mukarrom Kauman Sumoroto Ponorogo, (2) Untuk menjelaskan faktor penghambat dan pendukung dalam peran ekstrakurikuler kepramukaan dalam membentuk sikap akhlak mulia siswa di MA Al-Mukarrom Kauman Sumoroto Ponorogo, (3) Untuk menjelaskan implikasi ekstrakurikuler kepramukaan pada pembentukan sikap akhlak mulia siswa di MA Al- Mukarrom Kauman Sumoroto Ponorogo.
Pendekatan dalam penelitia ini adalah kualitatif, sedangkan jenisnya studi kasus. Data penelitian ini, kasus kegiatan ekstrakurikuler di MA AL-Mukarrom. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisi data Milles dan Huberman yang tahapannya meliputi: reduksi data. Display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk peran akhlak mulia siswa MA Al-Mukarrom Kauman Sumoroto Ponorogo dilaksanakan seminggu sekali setiap hari jum’at. Kegiatan kepramukaan itu dilakukan di luar dan didalam ruangan dengan pemberian materi berupa sejarah pramuka, baris- berbaris, tali temali, sandi- sandi dan lain sebagainya. (2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan ekstrakurikuler kepramukaan yakni dari kurangnya motivasi dalam diri siswa tersebut, dan metode pengajaran dalam ruangan yang masih monoton membuat peserta didik bosan. Faktor pendukung dalam pelaksananaan ektrakurikuler kepramukaan yakni sarana prasarana yang memadai, menguasaan materi yang dimiliki pelatih/pembina yang sudah mumpuni. (3) Implikasi peran ekstrakurikuler kepramukaan pada pembentukan akhlak mulia siswa yaitu seperti kegiatan perkemahan dan perlombaam menjadikan siswa bertanggungjawab pada kegiatan tersebut. Selain itu pembiasaan tepat waktu saat pelatihan pramuka serta pembiasaan tertib seragam dan atribut menumbuhkan sikap disiplin.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:08
Last Modified: 22 Nov 2022 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21432

Actions (login required)

View Item View Item