[SCAN ULANG DENGAN JELAS : LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PENGESAHAN, SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI, PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN] Manajemen Budaya Islami di Sekolah Menengah Pertama 1 Siman Ponorogo

Rahmat, Andi Nur (2022) [SCAN ULANG DENGAN JELAS : LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PENGESAHAN, SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI, PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN] Manajemen Budaya Islami di Sekolah Menengah Pertama 1 Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180005_Andi Nur Rahmat_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (996kB) | Preview

Abstract

Nur Rahmat, Andi. 2022. Manajemen Budaya Islami di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Aris Nurbawani, M.M.

Kata Kunci: Manajemen, Budaya Islami

Pendidikan merupakan sesuatu hal yang penting bagi manusia dalam kehidupan ini. Pendidikan hendaknya memiliki kualitas yang lebih baik. Kualitas tersebut tidak saja tertuju pada kemampuan yang bersifat kognitif, tetapi lebih dari itu adalah pada kualitas yang bersifat afektif dan psikomotorik yang berupa aspek sikap dan perilaku. Hal tersebut karena perkembangan zaman yang semakin pesat, teknologi yang semakin canggih begitu juga moralitas generasi muda yang semakin dipertanyakan. Terkait hal tersebut SMPN 1 Siman Ponorogo telah menerapkan kegiatan keagamaan dalam bentuk budaya islami yang diterapkan di sekolah SMPN 1 Siman Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis manajemen budaya islami di SMPN 1 Siman Ponorogo, melalui fungsi-fungsi manajemen yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Tujuan yang ingin dicaapai dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan budaya islami di SMPN 1 Siman Ponorogo, (2) Mengetahui dan mendeskripsikan pengorganisasian budaya islami di SMPN 1 Siman Ponorogo, (3) Mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan budaya islami di SMPN 1 Siman Ponorogo, (4) Mengetahui dan mendeskripsikan pengawasan budaya islami di SMPN 1 Siman Ponorogo.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitian ini, dan untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh, dianalisis dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Tahap perancanaan budaya islami di SMP Negeri 1 Siman antara lain: membentuk panitia, merancang program tahunan. (2) Pengorganisaian budaya islami di SMP Negeri 1 Siman dilaksanakan melalui kegiatan pembagian struktur, penetapan jadwal kegiatan, dan koordinasi. (3) Pelaksanaan budaya islami di SMPN 1 Siman dilaksanakan melalui 3 wujud diantaranya wujud nilai, kegiatan, dan benda hasil karya. (4) Pengawasan budaya islami di SMPN 1 Siman pada prinsipnya sudah dilaksanakan dengan memenuhi unsur-unsur pengawasan, baik melalui pemantauan, pelaporan, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aris Nurbawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:05
Last Modified: 22 Nov 2022 03:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21430

Actions (login required)

View Item View Item