Implementasi Pendekatan Cooperative Learning pada Mata Pelajaran Tarikh Islam Kelas VII MTs Sulamul Huda Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022

Lepiana, Nabela (2022) Implementasi Pendekatan Cooperative Learning pada Mata Pelajaran Tarikh Islam Kelas VII MTs Sulamul Huda Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180161_NABELA LEPIANA_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Lepiana, Nabela. 2022. Implementasi Pendekatan Cooperative Learning pada Mata Pelajaran Tarikh Islam Kelas VII MTs Sulamul Huda Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Pendekatan, Cooperative Leaning, Tarikh Islam

Kebanyakan peserta didik di MTs Sulamul Huda Ponorogo lebih merasa nyaman belajar apabila dijelaskan oleh temannya, begitu pula juga lebih berpengaruh pada tingkat kepahamannya. Peserta didik yang merasa kurang percaya diri untuk bertanya kepada gurunya akan cenderung pasif dan tidak berani bertindak, sehingga apabila dibiarkan terus menerus akan berdampak pada penurunan kompetensi terhadap perkembangan peserta didik. Dan untuk menangani masalah tersebut pendidik di MTs Sulamul Huda Ponorogo menerapkan sebuah pendekatan cooperative learning supaya peserta didik menjadi lebih aktif dan saling berkontribusi untuk teman sekelompoknya. Selain itu juga melatih mental dari peserta didik untuk lebih berani berbicara ketika berpresentasi di depan kelas.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi pelaksanaan pendekatan cooperative learning dalam pembelajaran mata pelajaran tarikh Islam kelas VII MTs Sulamul Huda Ponorogo, (2) mendeskripsikan hasil pelaksanaan pendekatan cooperative learning dalam pembelajaran mata pelajaran tarikh Islam kelas VII MTs Sulamul Huda Ponorogo, (3) mendeskripsikan hambatan pelaksanaan pendekatan cooperative learning dalam pembelajaran mata pelajaran tarikh Islam kelas VII MTs Sulamul Huda Ponorogo.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Adapun proses pengumpulan datanya peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisisnya, peneliti menggunakan tiga langkah analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian yang diperoleh: 1) Strategi pelaksanaan pendekatan cooperative learning dalam pembelajaran mata pelajaran tarikh Islam kelas VII MTs Sulamul Huda Ponorogo tertera pada 3 kegiatan yang meliputi: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dimana dari seluruh kegiatan tersebut dapat dijalankan dengan baik oleh pengajar dan peserta didik. 2) Hasil pelaksanaan pendekatan cooperative learning dalam pembelajaran mata pelajaran tarikh Islam kelas VII MTs Sulamul Huda Ponorogo dapat dilihatnya melalui: a) keadaan siswa. Dimana mereka terlihat kompak saat proses diskusi berlangsung yaitu dengan saling menyimak sub materi yang telah diberikan oleh guru dan mulai aktif ketika sesi tanya jawab berlangsung; b) keaktifan siswa. Dapat dilihat ketika hampir dari sebagian peserta didik yang berada di kelas sangat bersemangat dan aktif bertanya dan menjawab ketika sedang presentasi; c) ketercapaian tingkat pemahaman siswa. Dilihatnya dari hasil pengerjaan soal-soal evaluasi di akhir pembelajaran. 3) Hambatan pelaksanaan pendekatan cooperative learning dalam pembelajaran mata pelajaran tarikh Islam kelas VII MTs Sulamul Huda Ponorogo, terdapat 3 hambatan yang dirasakan. Meliputi: a) kekurangan waktu dalam mengajar, dimana waktu yang diberikan sekolah pada jam tarikh Islam sangat terbatas yakni 2x40 menit; b) media pembelajaran. hanya tersedia satu buah buku paket yang dapat dijadikan sebagai bahan acuan pada materi pelajaran; c) sarana dan prasarana. Dilihat ketika lembaga yang hanya menyediakan dua buah proyektor dan leptop. Sehingga guru harus menunggu dan bergantian ketika hendak memakai alat tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:52
Last Modified: 22 Nov 2022 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21429

Actions (login required)

View Item View Item