[HARAP MEMAKAI MATERAI ASLI PADA SURAT KEASLIAN TULISAN] Analisis Yuridis Terhadap Putusan Hakim No. 0140/Pdt.P/2018/Pa.Ta Tentang Penetapan Perkara Dispensasi Nikah di Pengadilan Agama Kabupaten Tulungagung

Prabowo, Gugun Setya (2022) [HARAP MEMAKAI MATERAI ASLI PADA SURAT KEASLIAN TULISAN] Analisis Yuridis Terhadap Putusan Hakim No. 0140/Pdt.P/2018/Pa.Ta Tentang Penetapan Perkara Dispensasi Nikah di Pengadilan Agama Kabupaten Tulungagung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
101180052_Gugun Setya Prabowo_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Prabowo, Gugun Setya. 2022. Analisis Yuridis Terhadap Putusan Hakim No. 0140/Pdt.P/2018/Pa.Ta Tentang Penetapan Perkara Dispensasi Nikah di Pengadilan Agama Kabupaten Tulungagung SKRIPSI, Fakultas Syariah, Jurusan Ahwal Al Syahkshiyyah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) ponorogo. Pembimbing: Dr. Saifullah, M.Ag

Kata Kunci: Yuridis, Dispensasi Nikah, Pengadilan Agama.

Perkara dispensasi nikah merupakan suatu perkara yang tidak ada habis-habisnya untuk dibahas. Pernikahan di bawah umur atau pernikahan dini bukanlah persoalan yang sederhana, di satu sisi ius constitum yang berlaku di Indonesia tidak menghendaki adanya pernikahan di bawah umur atau pernikahan dini, di sisi lain Undang-undang membuka peluang adanya hal lain di luar itu.
Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan (1) Bagaimana analisis yuridis terhadap dasar hukum hakim pada putusan No. 0140/Pdt.P/2018/Pa.Ta tentang penetapan perkara dispensasi nikah di Pengadilan Agama Kabupaten Tulungagung?, (2) Bagaimana analisis yuridis terhadap pertimbangan hakim pada putusan No. 0140/Pdt.P/2018/Pa.Ta tentang penetapan perkara dispensasi nikah di Pengadilan Agama Kabupaten Tulungagung?.
Dalam penelitian ini pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang bertempat di Pengadilan Agama Kabupaten Tulungagung. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui wawancara dan penelaah terhadap perundang-undangan atau sejenisnya berkaitan dengan pokok bahasan, selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif induktif.
Hasil penelitian ini adalah: Pertama, dasar hukum yang digunakan hakim pada putusan nomor 0140/Pdt.P/2018/PA.TA tentang penetapan dalam perkara dispensasi nikah sudah benar dan sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia, dasar hukum tersebut sesuai dengan penjelasan yang terdapat pada Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 5 tahun 2019 bab 3 pasal 4 tentang ruang lingkup dan pedoman persyaratan administrasi dalam mengadili permohonan dispensasi nikah. Kedua, Pertimbangan hakim pada putusan nomor 0140/Pdt.P/2018/PA.TA tentang penetapan dalam perkara dispensasi nikah sudah benar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia, pertimbangan hakim tersebut sesuai dengan penjelasan yang terdapat pada Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 5 tahun 2019 pasal 16 tentang pedoman memeriksa dan mengadili permohonan dispensasi nikah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Saifullah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:48
Last Modified: 22 Nov 2022 02:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21427

Actions (login required)

View Item View Item