Efektivitas Layanan Gugatan Mandiri di Pengadilan Agama Magetan

Mualifah, Nafiatul (2022) Efektivitas Layanan Gugatan Mandiri di Pengadilan Agama Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
101180089_NAFIATUL MUALIFAH_HKI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

NAFIATUL MUALIFAH, 2022, Efektivitas Layanan Gugatan Mandiri Di Pengadilan Agama Magetan, Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah InstitutAgama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Endrik Safudin, M.H.

Kata Kunci : Efektivitas, Layanan, Gugatan Mandiri, Pengadilan Agama Magetan
Teknologi telah berkembang dari waktu ke waktu, tentunya dengan perkembangan di Indonesia ini dengan memiliki efek positif, seperti mempermudah mendapat informasi, mempermudah mengakses segala hal dimanapun dan kapanpun. Penyesuaian ini dilakukan untuk memberikan layanan terbaik. Adapun salah satu upaya pelayan publik di bidang hukum yang Pengadilan Agama lakukan adalah dengan memberikan layanan pembuatan gugatan atau permohonan mandiri secara online yang wajib dilaksanakan di seluruh Pengadilan Agama di Indonesia, namun dalam hal implementasinya, masih banyak masyarakat umum yang masih kesulitan dalam penggunaannya.
Permasalahan yang peneliti diteliti adalah yang pertamabagaimana prosedur gugatan mandiri melalui aplikasi gugatan mandiri di Pengadilan Agama Magetan? Kedua adalah bagaimana efektivitas pelayanan anjungan gugatan mandiri melalui aplikasi gugatan mandiri di Pengadilan Agama Magetan?
Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan pada hakekatnya merupakan metode untuk menemukan secara khusus dan realistik apa yang tengah terjadi pada lingkungan Pengadilan Agama Magetan. Sehingga data yang diperoleh dapat di pertanggung jawabkan. Beberapa cara tersebut seperti mengamati, mewancarai, observasi.
Disimpulkan bahwa: Pertama, secara prosedur gugatan mandiri Pengadilan Agama Magetan telah menerapkan aplikasi gugatan mandiri sesuai dengan perintah peraturan pemerintah pusat. Dengan berbagai macam fasilitas yang telah diberikan dan di sediakan oleh Pengadilan Agama Magetan, seperti anjungan gugatan mandiri seperti bilik khusus untuk pembuatan gugatan, komputer dan laptop, serta pendampingan untuk pembuatan gugatan/permohonan yang menggunakan layanan aplikasi gugatan mandiri. Kedua, secara efektivitas dapat di simpulkan bahwa aplikasi ini kurang efektivitas dalam penggunaannya, memperlambat Pengadilan Agama dalam melayani masyarakat, sehingga pemerintah pusat di harapkan untukterus memperbarui sistemnya agar lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Endrik Safudin
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:42
Last Modified: 22 Nov 2022 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21425

Actions (login required)

View Item View Item