Pertimbangan Hakim Pengadilan Agama Magetan dalam Mengabulkan Dispensasi Nikah Perspektif Maslahah Mursalah

Almustofa, Muhammad Adim (2022) Pertimbangan Hakim Pengadilan Agama Magetan dalam Mengabulkan Dispensasi Nikah Perspektif Maslahah Mursalah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210117106_MUHAMMAD ADIM ALMUSTOFA_HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Al-Mustofa, Muhammad Adim, 2022. Pertimbangan Hakim Pengadilan Agama Magetan Dalam Mengabulkan Dispensasi Nikah Ditinjau Dalam Perspektif Maslahah Mursalah. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Wahyu Saputra, M..H.Li
Kata Kunci/Keyword: Dispensasi Nikah, Pertimbangan Hakim, Maslahah-Mursalah
Dispensasi nikah adalah keringanan atas suatu batasan (batasan umur) di dalam melakukan ikatan antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia dan kekal berdasaran Tuhan YangMaha Esa. Batas minimal usia perkawinan bagi seseorang yang akan melangsungkan perkawinan sebagaimana diatur dalam pasal 7 ayat (1) UU No. 1 tahun 1974. Tahun 2020 Pengadilan Agama Magetan menerima 113 perkara permohonan dispensasi nikah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang melatarbelakangi pertimbangan hukum dan juga pertimbangan resiko hakim Pengadilan Agama Magetan dalam mengabulkan dispensasi nikah ditinjau dari maslahah mursalah.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk menggali data kemudian mereduksinya.
Hasil analsis dari peneitian ini bahwa, pertimbangan hakim merupakan aspek terpenting dalam menentukan suatu putusan yang mengandung kepastian hukum, keadilan, dan mengandung manfaat bagi para pihak yang bersangkutan. Sedangkan ditinjau dari Maslahah Mursalah maka pemberian dispensasi nikah sudah sesuai dengan tujuan dan maksudnya yaitu untuk memberikan kemashlahatan kepada calon suami dan istri serta menjauhkan dari perzinaan yang dilarang agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahyu Saputra
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:36
Last Modified: 22 Nov 2022 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21405

Actions (login required)

View Item View Item