Strategi Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan di MTs Darul Muttaqin Patihan Wetan Ponorogo

Zahidin, Akrim Wildan (2022) Strategi Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan di MTs Darul Muttaqin Patihan Wetan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180073_Akrim Wildan Zahidin_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zahidin, Akrim Wildan. 2022. Strategi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan di MTs Darul Muttaqin Patihan Wetan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Penddidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Dr. Mukhibat, M.Ag
Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrash, Penjaminan Mutu

Sistem penjaminan mutu merupakan suatu kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan untuk meningkatkan mutu pendidikan secara sistemastis, terencana dan berkalanjutan. Sedangkan kepala madrash merupakan sosok pemimpin yang bertangung jawab dan memimpin berbagai pelaksanaan kegiatan dalam rangka mengembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan. Tujuan dan fungsi dari adanya pengembangan sistem penjaminan mutu pendidikan ialah menjamin dari pemenuhan standar pada pendidikan secara sistematik, holistic dan berkelanjutan. Pencapaian standar mutu pendidikan didasarkan pada pemenuhan delapan standar nasional pendidikan Indonesia, dengan penetapan standar pada satuan pendidikan berupa standar pendidikan bertaraf internasional, atau standar pendidikan betbasiskan keunggulan lokal. Dengan adanya penyetaraan madrasah terhadap lembaga pendidikan formal yang disesuaiakn dengan tingkatannya. menuntut madrasah harus memiliki mutu pendidikan yang baik serta penetapan anatara dua stnadar mutu yang ada. Begitu pula di MTs Darul Muttaqin strategi kepala madrasah dikembangkan dan dijalankan dalam rangka pengembangan sistem penjaminan mutu pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengetahui: (1). Bentuk strategi kepala madrasah dalam mengembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan. (2). Penerapan strategi kepala madrasah dalam mengembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan. (3). Hasil penerapan strategi kepala madrash dalam mengembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data peneliti menggunakan kondensasi data, menyajikan data, dan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode.
Kesimpulan penelitian yang dilakukan di MTs Darul Muttaqin sesuai rumusan masalah antara lain,(1) Bentuk strategi kepala madrasah dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTs Darul Muttaqin (a) perencanaan dipandu oleh pihak Yayasan dan Kemenag (b) kebijakan yang akan diterapkan berupa penguatan manajerial, pelaksanakan agenda sebagaimana mestinya dan pengembangan minat dan bakat siswa (c) program yang ditetapkan berupa pelaksanaan program sesuai standar dari kemenag, workshop dan pelatihan guru, serta program unggulan yang diadakan berupa tahfidz Al-Qur’an (d) perencanaan melibatan seluruh elemen yang ada baik dari guru maupun komite (e) pedoman yang digunakan dalam menentukan strategi berupa delapan strandar nasional pendidikan. (2) Penerapan strategi kepala madrasah dalam mengembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan di MTs Darul Muttaqin (a) Pelaksanaan penerapan berupa pemetaan dan evaluasi,serta pendekatan kesadaran secara humanis (b) penanggung jawab dipegang oleh kepala madrasah dibantu wakil kepala bidang kurikulum (c) kunci keberhasilan pengawan dan evaluasi (d) adanya tim pengawas dalam penerapan strategi. (3) Hasil penerapan strategi kepala madrasah dalam mengembengkan sistem penjaminan mutu pendidilan di MTs Darul Muttaqin (a) peningkatan KBM kearah yang lebih efektif, peningkatan prestasi siswa, dan terakreditasi B (k) dampak dari penerapan strategi berupa peningkatan kepercayaan masyarakat (l) indikator keberhasilan berupa berjalannya KBM dengan baik, peningkatan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:07
Last Modified: 22 Nov 2022 03:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21383

Actions (login required)

View Item View Item