Kreativitas Siswa melalui Pemanfaatan Media Kertas Origami Kelas 1 di MI Ma'arif Ngrupit

Rahhayu, Putri Yufita (2022) Kreativitas Siswa melalui Pemanfaatan Media Kertas Origami Kelas 1 di MI Ma'arif Ngrupit. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180098 PUTRI YUFITA RAHHAYU PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yufita Rahhayu, Putri. 2022. Kreativitas Siswa melalui Pemanfaatan Media Kertas Origami Siswa Kelas 1 di MI Ma’arif Ngrupit. SKRIPSI Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Tintin Susilawati, M.Pd.
Kata Kunci : Kreativitas, Motorik Halus, Origami.
Penelitian yang dilakukan di MI Ma’arif Ngrupit dilatar belakangi dengan kurangnya kemampuan kreativitas dan kemampuan motorik halus siswa kelas satu.Sehingga pihak sekolah terutama guru kelas hendaknya mengembangkan kegiatan belajar yang sesuai dengan perkembangan anak untuk mengembangkan kemampuan kreativitas dan motorik halus siswa. Pelatihan pembentukan kemampuan kreativitas dan motorik halus yang baik sangat penting dilakukan sejak anak usia dini. Karena dengan pelatihan pembentukan yang dilakukan sejak usia dini, tentu akan sangat mendorong siswa untuk lebih kreatif dan motorik halusnya juga berkembang lebih cepat dan baik dibandingkan dengan anak yang belum mendapatkan pelatihan sejak usia dini.
penelitian ini bertujun untuk: (1) Untuk mengetahui kemampuan kreativitas siswa kelas 1 di MI Ma’arif Ngrupit melalui pemanfaatan media kertas origami; (2) Untuk mengetahui keterlibatan kemampuan motorik halus siswa untuk mengembangkan kreativitas dengan menggunakan media kertas origami siswa kelas 1 di MI Ma’arif Ngrupit.
Pendekatan yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif dan jenis penelitiannya studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan kemudian terakhir mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan kreativitas siswa kelas 1 di MI Ma’arif Ngrupit sudah baik, hal tersebut dibuktikan dengan siswa mampu untuk membuat berbagai bentuk lipatan dari kertas origami, tidak hanya melipat siswa juga mampu untuk menggambar dan kegiatan yang lainnya yang menunjukkan kemampuan kreatifnya.; (2) Kemampuan motorik halus siswa kelas 1 di MI Ma’arif Ngrupit juga berkembangan dengan sangat baik. Perkembangan kemampuan motorik halusnya sudah sesuai dengan tahap perkembangan anak seusianya. Hal tersebut dibuktikan dengan siswa mampu dalam menggerakkan jari-jari tangannya serta dapat mengontrol gerakannya saat membuat karya dari kertas origami, menggambar, dan menulis.
Adapun keterlibatan atau hubungan antara kemampuan motorik halus dengan kreatif siswa adalah keterlibatan kemampuan motorik halus siswa untuk mengembangkan kreativitas dengan menggunakan media kertas origami ini sangat erat dikarenakan keterlibatan antara kemampuan motorik dan kreatif yaitu jika anak mempunyai perkembangan kemampuan motorik halus yang baik dan bagus, maka nantinya dapat mendukung anak untuk bergerak aktif dengan melibatkan semua inderanya serta gerak koordinasi saraf. Sedangkan seseorang yang melakukan kegiatan kreatif tentu akan membutuhkan kemampuan gerak motorik halusnya baik berupa jari-jari tangan dan gerak koordinasi mata dan gerak-gerak yang lain berkaitan dengan saraf juga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tintin Susilowati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:04
Last Modified: 22 Nov 2022 03:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21373

Actions (login required)

View Item View Item