Perkawinan Cacat Mental di Ponorogo (Pendekatan Hukum Dan Ham)

Hidayat, Ahmad Khoirul Anwar (2022) Perkawinan Cacat Mental di Ponorogo (Pendekatan Hukum Dan Ham). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
503190002_Ahmad Khoirul Anwar Hidayat_Ahwal As-Syakhsiyyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkawinan cacat mental merupakan fenomena yang jarang terjadi, karena pada umumnya perkawinan di langsungkan bagi mereka yang memiliki kemampuan di atas rata-rata, dalam penlitian ini penulis menemukan dua kasus di Karangpatihan dan di Ngabar. Namun dengan tingkat kecerdasan mereka yang rendah serta ketidakmampuan beradaptasi terhadap tuntutan lingkungan dikhawatirkan mereka tidak dapat mengendalikan emosinya atau tidak dapat dewasa dalam menghadapi suatu masalah. Bagaimana Status Hukum Perkawinan Cacat Mental di Kabupaten Ponorogo serta Bagaimana Pemenuhan Hak Dan Kewajiban Suami dan Istri Penyandang Cacat Mental di Kabupaten Ponorogo.
Penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Adapun teori yang digunakan adalah teori hukum dan ham. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, adapun metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: 1. Bahwa status hukum perkawinan cacat mental di Kabupaten Ponorogo memiliki dua pendapat. Pertama, perkawinan tersebut sah secara agama bila ditinjau dari tujuan pernikahan tersebut. Dengan ketentuan syarat sah jika terdapat izin wali, sebagaimana pendapat Imam Syafi’i, Hanafi dan Hambali. Kedua, perkawinan tersebut tidak sah melihat kaidah taklīfi, karena seseorang yang mengalami gangguan kejiwaan tidak mempunyai kepantasan untuk dipandang dalam perbuatannya. 2. Bahwa pemenuhan hak dan kewajiban penyandang cacat mental di Kabupaten Ponorogo meliputi, Hak Keadilan dan Perlindungan Hukum, Hak Pendidikan, Hak Pekerjaan, Hak Kesehatan dan Hak Kesejahteraan sosial belum semuanya terpenuhi.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:03
Last Modified: 22 Nov 2022 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21371

Actions (login required)

View Item View Item