PEMANFAATANMEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI SHALAT FARDHU DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN BAITURRAHMAN KELURAHAN COKROMENGGALAN PONOROGO

Luky, Dewantari (2022) PEMANFAATANMEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI SHALAT FARDHU DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN BAITURRAHMAN KELURAHAN COKROMENGGALAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180134_LUKY DEWANTARI_PAI_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewantari, Luky. 2022. Pemanfaatan Media Video Pembelajaran pada Materi Shalat Fardhu di Taman Pendidikan Al-Qur’an Baiturrahman, kelurahan Cokromenggalan, Ponorogo. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Dr. Afif Syaiful Mahmudin M.Pd.I
Kata Kunci: Pemanfaatan Media Video Pembelajaran, Materi Shalat Fardhu, Taman Pendidikan Al-Qur’an
Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Baiturrahman ialah tempat belajar yang didirikan dengan pendidikan non formal, sehingga pendidikannya hanyalah sederhana, namun tempat ini banyak berbagi dengan pendidikan yang berbasis agama. Dan dalam TPA itu tentunya memiliki suatu permasalahan walaupun permasalahan tersebut hanyalah sepele terutama dalam penggunaan media yang awalnya kurang tepat untuk santrinya sehingga guru mencari solusi atau mencari jalan keluar dari permasalahan ini.
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari media video pembelajaran pada materi shalat fardhu di TPA Baiturrahman, kelurahan Cokromenggalan, Ponorogo. Selain itu, peneliti juga hendak meneliti tentang dampak apa saja yang ditimbulkan setelah adanya pemanfaatan media video pembelajaran pada materi shalat fardhu tersebut. Dalam pembelajaran disini difokuskan pada media video pembelajaran pada materi shalat fardhu di TPA Baiturrahman, kelurahan Cokromenggalan, Ponorogo.
Dalam penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini ingin mengamati bagaimana media tersebut dimanfaatkan dan dampak apa yang terjadi setelah pemanfaatan media tersebut bagi santriwan/santriwati di TPA Baiturrahman, kelurahan Cokromenggalan, Ponorogo.
Berdasakan hasil penelitian yang telah peneliti laksanakan disini peneliti menguraikan apa saja hasil yang telah diketahui oleh peneliti ialah 1). Video yang di gunakan pada pembelajaran dengan materi shalat fardhu, ialah video kartun atau animasi yang berisikan materi shalat fardhu. Dan dalam penayangan video pembelajaran ini tidak akan membuat santriwan dan santriwati bosan dalam memgikuti pembelajaran tersebut khususnya di mata pelajaran Fiqih. Dan video yang ada pada pembelajaran ini ialah penayangan video kartun. 2). Pemanfaatan video pembelajaran dengan materi shalat fardhu antara lain untuk menyampaikan suatu pesan yang ada pada pembelajaran. Selain untuk menyampaikan pesan pada pembelajaran manfaat lain antara lain:a.) Dalam pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa, sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar; b.) Pada bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahamisiswa dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran; c.) Dalam metode pembelajaran akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi yang verbal yaitu melalui penuturan kata-kata guru, sehingga siswa tidak akan bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi jika guru mengajar pada setiap jam pelajaran. 3). Implikasi atau dampak dari pemanfaatan video dalam pembelajaran dengan materi shalat fardhu di TPA Baiturrahman kelurahan Cokromenggalan, antara lain: a.) Membuat proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik. Media dapat dikaitkan dengan menarik perhatian, membangunkan siswa dan mengingatkan mereka; b.) Akan menjadi lebih efisien dalam peggunaan waktu dan tenaga. Dengan waktu pembelajaran yang diperoleh, sebagian besar media cukup pendek untuk menyampaikan pesan dan materi dalam pembelajaran; c.) Media ini dapat memungkinkan proses pembelajaran berlangsung kapan saja, dan dimana saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:03
Last Modified: 22 Nov 2022 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21368

Actions (login required)

View Item View Item