..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Kredit Barang Rumah Tangga Prespektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Dusun Mawatsari Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun)

fitria, maulidda (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Kredit Barang Rumah Tangga Prespektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Dusun Mawatsari Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAULLIDA FITRIA HES 102180059.pdf

Download (917kB) | Preview

Abstract

Dalam kasus kredit barang rumah tangga di Dusun Mawatsari Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun ini terdapat beberapa barang yang dapat diambil sebagai barang kredit di antaranya yaitu: karpet, kasur, bantal, panci, dan beberapa barang rumah tangga lainnya, dan di tempat ini pembeli hanya boleh menggunakan transaksi membayar dengan dua pilihan yaitu dengan cicilan setiap bulan atau pembayaran langsung di akhir bulan yang telah ditentukan, biasanya pembayaran diberikan waktu 3 sampai 4 bulan setelah penerimaan barang. Pembeli tidak dapat membayar langsung barang yang diinginkan, hal ini terkadang menjadikan banyak orang yang semula mempunyai uang untuk membayar namun dikemudian saat waktu pembayaran tiba uang untuk membayar sudah digunakan untuk hal lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk : menjelaskan pelaksanaan kredit barang rumah tangga di Dusun Mawatsari Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun dan untuk mendeskripsikan Prespektif Etika Bisnis Islam terhadap Kredit Barang Rumah Tangga Di Dusun Mawatsari Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun.
Dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian lapangan (fileld ressearch. Peneliti dalam melakukan penggalian data menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu mendata dari fakta yang ada. Untuk pengolahan data penulis menggunakan editing dan penemuan hasil. Pada landasaan ini yang digunakan yaitu kredit.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: akad kredit barang rumah tangga di Dusun Mawatsari belum sesuai dengan etika bisnis Islam, karena masih adanya ketidakterpenuhinya kesepakatan yang telah dibuat sebelum transaksi dilakukan, dan adanya faktor yang memicu terjadinya kredit mancet.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh Mukhlas
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:31
Last Modified: 22 Nov 2022 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21359

Actions (login required)

View Item View Item