Penerapan Islamic Parenting dalam Mengurangi Perilaku Adiktif Game Online Pada Remaja di Dusun Sidorejo Desa Japan Kecamatan Babadan Ponorogo

Maghfiroh, Hidayatul (2022) Penerapan Islamic Parenting dalam Mengurangi Perilaku Adiktif Game Online Pada Remaja di Dusun Sidorejo Desa Japan Kecamatan Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 201180096 HIDAYATUL MAGHFIROH.pdf

Download (963kB) | Preview

Abstract

Dampak kemajuan teknologi yang semakin pesat terhadap game online pada kenyataannya, mampu membuat kalangan remaja mengalami problematika berupa kecenderungan berperilaku adiktif terhadap game online, karena adanya perubahan sosial berupa konformitas dalam diri mereka. Melalui pola asuh berbasis ke-Islaman (Islamic parenting) diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih untuk mengurangi perilaku adiktif remaja terhadap game online dibandingkan hanya memberikan pengetahuan atau wawasan secara umum mengenai dampak negatifnya saja. Sebagaimana disebutkan dalam Islam bahwa pola asuh orang tua yang baik itu bukan hanya berfokus pada IQ dan EQ-nya saja, tetapi SQ atau kecerdasan spiritualnya juga bisa menjadi tonggak terciptanya aktivitas positif dalam diri remaja, sekaligus tameng dari dampak negatif seperti munculnya perilaku adiktif terhadap game online. Hal tersebut sebagaimana yang diterapkan oleh para orang tua remaja di Dusun Sidorejo, Desa Japan, Kecamatan Babadan, Ponorogo kepada anak-anaknya yang adiksi terhadap game online.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan gambaran perilaku adiktif game online pada remaja di Dusun Sidorejo, Desa Japan, Kecamatan Babadan, Ponorogo; (2) mendeskripsikan penerapan Islamic parenting dalam mengurangi perilaku adiktif game online pada remaja di Dusun Sidorejo, Desa Japan, Kecamatan Babadan, Ponorogo; dan (3) mendeskripsikan dampak penerapan Islamic parenting dalam mengurangi perilaku adiktif game online pada remaja di Dusun Sidorejo, Desa Japan, Kecamatan Babadan, Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan model analisis Miles dan Huberman yang meliputi 3 aktivitas yaitu reduksi data, display atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Untuk mengecek keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data yakni dengan melakukan klarifikasi beraneka sumber data yang didapatkan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini ditemukan bahwa (1) gambaran perilaku adiktif game online pada remaja di Dusun Sidorejo, Desa Japan dapat dinilai dengan indikator compulsion, withdrawl, tolerance, dan interpersonal and health-related problems, keempat indikator tersebut saling mempengaruhi satu sama lain; (2) penerapan Islamic parenting oleh orang tua remaja untuk mengurangi perilaku adiktif anak mereka terhadap game online di Dusun Sidorejo, Desa Japan meliputi 5 metode, yaitu metode keteladanan, nasihat, perhatian atau pengawasan, kebiasaan, dan hadiah atau hukuman, dalam praktiknya kelima metode tersebut sudah diterapkan dengan baik; (3) penerapan Islamic parenting dapat memberikan dampak positif dalam mengurangi perilaku adiktif game online pada remaja di Dusun Sidorejo, Desa Japan sehingga para remaja mulai mengurangi kebiasaan bermain game online. Jadi, penerapan pola asuh orang tua berbasis ke-Islaman (Islamic parenting) di Dusun Sidorejo, Desa Japan dapat menjadi teladan dan bisa diterapkan oleh para orang tua di daerah lain, terutama yang memiliki permasalahan sama yaitu adanya kecenderungan pada diri anak-anak remajanya berperilaku adiktif terhadap game online.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:29
Last Modified: 22 Nov 2022 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21357

Actions (login required)

View Item View Item