Upaya Guru Pembimbing Dalam Meningkatkan Self Confidence Anak Tunagrahita Di SLB Siwi Mulia kota Madiun

munawaroh, nikmatul (2022) Upaya Guru Pembimbing Dalam Meningkatkan Self Confidence Anak Tunagrahita Di SLB Siwi Mulia kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MATUL WATERMAK 2.pdf

Download (784kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nikmatul Munawaroh, 2022, Upaya Guru Pembimbing dalam Meningkatkan Self Confidence Anak Tunagrahita di SLB Siwi Mulia Kota Madiun. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Muh. Tasrif, M.Ag.

Kata Kunci: Self Confidence, Anak Tunagrahita, Penghambat
Self confidence merupakan aspek terpenting dalam kepribadian seseorang. Seseorang yang memiliki kekurangan dalam dirinya terkadang merasa tidak percaya diri dengan dirinya sendiri. Anak tunagrahita merupakan anak yang memiliki kekurangan dalam berfikir atau intelektualnya. Tetapi dengan kekurangan yang dimiliki tersebut anak tunagrahita ada yang begitu percaya diri dan tidak begitu percaya diri. Semua itu tidak terlepas dari upaya guru yang membimbing anak dalam meningkatkan self confidence mereka dengan melakukan berbagai kegiatan yang ada di sekolah. Dari uraian tersebut penulis tertarik untuk meneliti hal tersebut. Tujuan penelitian yaitu 1) Untuk mengetahui self confidence anak tunagrahita 2) Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan self confidence anak tunagrahita 3) Untuk mengetahui faktor penghambat guru dalam meningkatkan self confidence anak tunagrahita.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini penulis melibatkan sembilan informan diantanya tiga guru, tiga siswa dan tiga orang tua.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak tunagraita di SLB Siwi Mulia memiliki self Confidence yang tinggi dan sedang. Anak yang memiliki self confidence yang tinggi akan lebih mudah bersosialisasi dan menerima pelajaran yang diberikan. Anak self confidence sedang bertindak secara ragu-ragu dan kurang dapat bersosialisasi. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan self confidence anak tunagraita yaitu memupuk keberanian untuk bertanya, aktif bertanya kepada siswa, mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, menerapkan disiplin yang konsisten, dan memperluas pergaulan. Faktor penghambat guru dalam meningkatkan self confidence anak tunagrahita yaitu takut, cemas dan negative thinking.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:27
Last Modified: 22 Nov 2022 02:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21352

Actions (login required)

View Item View Item