Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Didik pada Materi Fiqih Kelas IX MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo

Faizin, Lukman (2022) Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Didik pada Materi Fiqih Kelas IX MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BAB I-V SKRIPSI WATER MAK LUKMAN - Copy.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Faizin, Lukman.2022. Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Fiqih Kelas IX MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Syafiq Humaisi, M. Pd.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Audio Visual, Motivasi Belajar
Penggunaan media pembelajaran saat ini menjadi acuan atau patokan penting bagi lancarnya sebuah proses pembelajaran dimana diera saat ini para guru dan calon tenaga pendidik baik di lingkungan sekolah maupun di ranah yang lebih tinggi yakni di lingkungan perkuliahan semua harus bisa menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran yang ada saat ini. Di samping itu penggunaan media pembelajaran yang bijak juga dapat berpengaruh pada faktor motivasi belajar dari siswa itu sendiri, di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo terdapat beberapa anak yang kurang dalam motivasi belajar dikelas di karenakan kurang maksimal dalam penggunaan media pembelajaran, hal ini menyebabkan siswa kurang semangat dan termotivasi, mengingat para guru masih banyak yang belum menggunakan media, oleh sebab itu pembelajaran sedikit terbilang kurang maksimal.
Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini: (1) Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran materi fiqih dengan menggunakan media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IX MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo, (2) Untuk mengetahui bagaimana dampak dari penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi fiqih kelas IX MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo.
Dalam hal ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun sumber data yang diperoleh dari Kepala Madrasah, guru mata pelajaran fiqih siswa kelas IX MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Sedangkan teknik pengumpulan datanya berupa hasil wawancara dengan informan, observasi, dan dokumentasi. Dan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Miles, Huberman dan Saldana berupa reduksi data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitan di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong ditemukan bahwa pembelajaran materi fiqih dengan menggunakan media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar anak didik yakni pada saat pembelajaran khususnya pembelajaran materi fiqih, hal yang dilakukan guru adalah menampilkan materi pembelajaran melalui LCD yang berupa video maupun gambar disesuaikan dengan materi yang ada. Dampak penggunaan media audio visual pada pembelajaran materi fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar anak didik di kelas IX MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Dengan adanya penggunaan media audio visual pada pembelajaran materi fiqih, siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi, siswa menjadi lebih aktif untuk bertanya ketika merasa kurang paham, siswa lebih giat dalam mengikuti pembelajaran, siswa lebih rajin mengerjakan tugas, siswa lebih bersemangat dan senang dalam proses belajarnya. Hal ini dirasa media audio visual lebih menarik dan mudah untuk dipahami tentunya oleh anak didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:26
Last Modified: 22 Nov 2022 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21345

Actions (login required)

View Item View Item