Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Produk Fashion Di Vilshop Madiun Menurut Perspektif Ekonomi Islam

Amalia, Friska Ersa (2022) Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Produk Fashion Di Vilshop Madiun Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180204_FRISKA ERSA AMALIA_ES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Amalia, Friska Ersa. 2022.Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Produk Fashion di Vilshop Madiun Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag.
Kata Kunci: Perilaku konsumen, ekonomi islam
Konsumsi menurut Islam merupakan konsumsi yang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan seseorang saja akan tetapi juga diniatkan untuk beribadah kepada Allah SWT dengan cara mengkonsumsi sesuatu yang telah ditentukan oleh ajaran Islam. Dari data awal diperoleh bahwa konsumsi yang dilakukan konsumen di Vilshop Madiun kurang sesuai dengan syariat Islam beberapa konsumen seringkali tidak memperhatikan aturan konsumsi dalam Islam yaitu dilarangnya sikap israf atau berlebih-lebihan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perilaku konsumen Vilshop Madiun menurut Perspektif Ekonomi Islam? 2) Faktor-faktor apa yang melatar belakangi perilaku konsumen Vilshop Madiun dalam pembelian produk fashion? 3) Bagaimana dampak perilaku konsumen Vilshop Madiun dalam pembelian produk fashion menurut Perspektif Ekonomi Islam?. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perilaku konsumen Vilshop Madiun dalam membeli produk fashion menurut perspektif ekonomi Islam 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi perilaku konsumen 3) Untuk mengetahui dampak dari perilaku konsumen terhadap pembelian produk fashion menurut perspektif ekonomi Islam
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan (field reseacrh) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara dan observasi.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Terdapat kesenjangan antara teori dan praktik yang dapat dilihat bahwasannya konsumen membeli suatu produk fashion didasarkan atas keinginan bukan kebutuhan dan selalu ingin mengikuti trend yang ada, tetapi juga tetap melihat manfaat akan barang yang ingin dibeli serta selalu melakukan kegiatan social dengan bersedekah 2) Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah kelompok acuan, peran dan status, usia, situasi ekonomi, gaya hidup, motivasi dan sikap 3) Dampak yang ditimbulkan dari perilaku konsumtif adalah membuat keuangan konsumen semakin menipis, tidak berkeinginan untuk menabung, memiliki sifat egois dan menyesal karena telah hidup boros.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:14
Last Modified: 21 Nov 2022 08:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21334

Actions (login required)

View Item View Item