NAZIR PERSEORANGAN TERHADAP TANAH WAKAF MASJID PERSPEKTIF UU NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF (STUDI KASUS DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN SIDOREJO KABUPATEN MAGETAN)

Rohani, Hasna (2022) NAZIR PERSEORANGAN TERHADAP TANAH WAKAF MASJID PERSPEKTIF UU NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF (STUDI KASUS DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN SIDOREJO KABUPATEN MAGETAN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
101180152-HASNA ROHANI-HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rohani, Hasna, 2022. Na>z}ir Perseorangan Terhadap Tanah Wakaf Masjid Perspektif UU Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf (Studi Kasus Di Desa Sidomulyo Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan).Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Khairil Umami, M.S.I.

Kata kunci/keywords: Na>z}ir Perseorangan, Tanah Wakaf Masjid, Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004

Wakaf merupakan menahan suatu barang dan menyalurkan manfaatnya untuk tujuan mendekatkan diri kepada Allah. Hal tersebut diimplemantasikan oleh bebrapa Masjid yang ada di Desa Sidomulyo Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan yakni status tanah wakaf yang sudah lama diserahkan namun masih banyak peran na>z}ir yang tidak mengelola karena faktor usia sehingga tidak mampu mengelolanya, melainkan orang lain yang mengelolanya. Selain itu kurangnya pengawasan dari pemerintah maupun masyarakat sekitar terkait pengawasan tugas na>z}ir di Masjid Desa Sidomulyo. Oleh karena itu sampai saat ini belum ada pergantian terkait na>z}ir nya.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana tinjauan UU Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf terhadap na>z}ir perseorangan yang sudah tidak mampu mengelola wakaf di Masjid Desa Sidomulyo Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan? Bagaimana tinjauan UU Nomor 41 Tahun 2004 terhadap pengawasan tugas na>z}ir dalam pengelolaan Wakaf di Masjid Desa Sidomulyo Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan?

Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseacrh), yaitu peneliti memperoleh data penelitian dari suatu tempat atau lokasi yang dijadikan fokus penelitian yang menyesuaikan dengan permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan observasi. Analisis yang digunakan menguakan metode deduktif yakni memaparkan teori undang-undang nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan fakta lalu menarik kesimpulan.

Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini mengenai tugas na>z}ir yang tertuang dalam Pasal 11 Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 yakni seorang na>z}ir harus melakukan pengadministrasian harta benda wakaf, mengawasi dan melindungi harta benda wakaf serta melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada BWI. Di Desa Sidomulyo, pengadministrasian dan perlindungan harta benda wakaf belum dilakukan oleh na>z}ir perseorangan, Adapun pelaporan pelaksanaan tugas ke BWI juga belum dilakukan oleh na>z}ir perseorangan. Kemudian Pasal 56 Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 mengenai pengawasan tugas na>z}ir yaitu pengawasan dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat. Di Desa Sidomulyo belum begitu maksimal terkait pengawasan mengenai pengelolaan wakaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khairil Umami
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:12
Last Modified: 21 Nov 2022 08:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21332

Actions (login required)

View Item View Item