Implementasi Program Double Track dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Siswa (Studi Kasus di SMAN 1 Sambit Ponorogo)

Yuningsih, Winda Dwi (2022) Implementasi Program Double Track dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Siswa (Studi Kasus di SMAN 1 Sambit Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
206180066_Winda Dwi Yuningsih_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yuningsih, Winda Dwi. 2022. Implementasi Program Double Track dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Siswa (Studi Kasus di SMAN 1 Sambit). SKRIPSI. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Wahid Hariyanto, M.Pd.I

Kata Kunci: Implementasi Program, Double Track, Wirausaha.

Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Februari 2020 angka pengangguran di Indonesia bertambah menjadi 6,88 juta orang atau naik sekitar 0,06 juta orang dibandingkan dengan periode di tahun sebelumnya. Tingkat pengangguran masih didominasi oleh lulusan SMA/SMK sederajat. Untuk mendongkrak lulusan SMA bisa lebih terserap, pada 2018 Provinsi Jawa Timur mulai merealisasikan kebijakan program SMA Double Track. SMA/ MA Double Track adalah SMA/MA yang melaksanakan kegiatan KBM reguler dan menyelenggarakan kegiatan pembekalan keterampilan secara berdampingan dengan memanfaatankan kearifan lokal. Melalui Program Double Track SMA/MA lulusan yang tidak dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi diharapkan memiliki keterampilan tambahan sekaligus sertifikat keterampilan yang dikuasai, sehingga dengan keterampilan tersebut sudah siap untuk bekerja atau memulai wirausaha.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) menganalisis strategi penerapan program double track di SMAN 1 Sambit Ponorogo. 2) Menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan program double track serta, 3) menganalisis implikasi penerapan program double track dalam meningkatkan minat wirausaha siswa di SMAN 1 Sambit Ponorogo.
Metode yang digunakan oleh penulis dalam peneliti ini adalah pendekatan kualitatif studi kasus. Dalam hal ini Peneliti langsung terjun ke lapangan untuk mengetahui fenomena apa yang terjadi, sesuai rumusan masalah yang sudah disusun. Dalam pengumpulan data Peneliti melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan data. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam pelaksanaan program double track di SMAN 1 Sambit untuk meningkatkan minat wirausaha siswa yaitu 1) melakukan proses pemetaan siswa dengan cara menyeleksi terlebih dahulu sesuai dengan kriteria yang ditentukan. 2) melakukan proses pengembangan program dengan memberikan pelatihan kepada siswanya berupa materi dan praktek sesuai dengan bidangnya masing-masing serta memberikan reward pada siswa yang aktif. SMAN 1 Sambit juga bekerja sama dengan DUDI untuk mendapatkan pembelajaran langsung kepada pelaku usaha dan industri. 3) melaksanakan uji kompetensi yang diikuti siswa sebagai syarat mendapatkan sertifikat serta mengetahui hasil belajar siswa. Selain itu dalam pelaksanaan program ini terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi guru yang terampil dan kompeten, sarana prasarana yang memadai, pemasaran melalui perkembangan media sosial, bekerja sama dengan DUDI dan pembiayaan yang lancar. Sedangkan faktor penghambat yaitu adanya pandemic covid-19. Pembelajaran program double track ini juga dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan dan menumbuhkan jiwa wirausaha siswa dengan dibuktikan dari antusias (perasaan senang) siswa dalam mengikuti program double track, tertarik untuk membuka usaha, serta adanya lulusan yang membuka usaha berkat ilmu yang didapatkan dari program double track.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:23
Last Modified: 21 Nov 2022 07:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21325

Actions (login required)

View Item View Item