Pengaruh Brand Image, Promosi Penjualan, dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Konsumen Toko D'rent Roti dan Kue Ponorogo)

Nurkholidah, Isna Eka (2022) Pengaruh Brand Image, Promosi Penjualan, dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Konsumen Toko D'rent Roti dan Kue Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180226_Isna Eka Nurkholidah_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurkholidah, Isna Eka. Pengaruh Brand Image, Promosi Penjualan dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Toko D’rent Roti dan Kue Ponorogo). Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Moh. Faizin M.SE

Kata Kunci: Brand Image, Promosi Penjualan, Store Atmosphere, Impulse Buying.

Penelitian ini dilakukan pada Toko D’rent Roti dan Kue Ponorogo yang berada di Jl. Serakung , Kec. Purbosuman, Kab. Ponorogo. Berdasarkan hasil penelitian serta wawancara yang dilakukan, terdapat permasalahan yang menjadikan kurangnya konsumen melakukan pembelian secara impulse buying pada Toko D’rent Roti dan Kue Ponorogo, dapat dilihat dari penilaian yang negatif dari konsumen tentang brand image pada toko yang mana sudah mulai mengalami penurunan, tidak adanya promosi penjualan yang dilakukan oleh usaha toko roti, dan juga kurangnya penataan atau mendesain store atmosphere pada toko yang menciptakan suasana untuk membuat konsumen merasa nyaman saat melakukan pembelian di toko roti tersebut. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh brand image, promosi penjulan dan store atmosphere terhadap impulse buying.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner atau angket dan juga melakukan wawancara. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan jenis pengambilan data purposive sampling yaitu dengan kriteria sebagai berikut, melakukan pembelian lebih dari 2 kali, berusia minimal 17 tahun. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden atau populasi. Teknik metode penelitian yang digunakan adalah uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini berdasarkan Uji t menunjukkan bahwa brand image berpengaruh terhadap impulse buying. Promosi penjualan tidak berpengaruh terhadap impulse buying. Store atmosphere tidak berpengaruh terhadap impulse buying. Berdasarkan uji F brand image, promosi penjualan dan store atmosphere berpengaruh terhadap impulse buying, dengan nilai R Square (R2) 24,3% dimana presentasi yang lainnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dari hasil penelitian ini, diharapkan Toko D’rent mempu mempertahankan brand image yang dimiki oleh toko, memberikan adanya promosi penjulan yang diberikan kepada konsumen, serta dapat menciptakan atau mendesain store atmosphere yang dapat membuat konsumen nyaman saat melakukan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:22
Last Modified: 21 Nov 2022 07:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21324

Actions (login required)

View Item View Item