Tafsir Al-Qur'an Audio Visual: Hakikat Surat al-Ikhlas Perspektif Gus Baha' di Channel Youtube Ngaji Cerdas Gus Baha'

Krisnawati, Diah Citra (2022) Tafsir Al-Qur'an Audio Visual: Hakikat Surat al-Ikhlas Perspektif Gus Baha' di Channel Youtube Ngaji Cerdas Gus Baha'. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Tafsir Audio Visual, Gus Baha’, Surat Al-Ikhlas, Youtube
Pemanfaatan berbagai jenis media baru yang lahir dari perkembangan teknologi seperti facebook, twitter, Youtube, instagram, path, telegram channel, dan sebagainya, sangat membantu dan memudahkan umat muslim untuk mengakses, mempelajari dan memahami isi kandungan Al-Qur`an. Dari sini umat Islam khususnya para muballigh dituntut untuk merespon dan mencari berbagai terobosan baru dan tidak cukup hanya mengandalkan media-media dakwah tradisional, agar proses penyampaian kandungan ayat-ayat Al-Qur`an bisa mudah di akses dan tepat sasaran serta tidak ketinggalan zaman. Dewasa ini, para muballigh telah mencoba menggunakan media sosial sebagai salah satu alternatif dalam menyampaikan kajian Al-Qur’an. Salah satunya adalah Bahauddin Nursalim, atau yang kerap dipanggil Gus Baha’. Maka penulis tertarik mengkaji penafsiran yang disampaikan oleh Gus Baha’ di Channel Youtube Ngaji Cerdas Gus Baha’ dengan judul: Tafsir Audio Visual: Hakikat Surat Al-Ikhlas Perspetif Gus Baha’ Di Channel Youtube Ngaji Cerdas Gus Baha’.
Jenis penelitian ini adalah penelitian library research atau penelitian pustaka, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengkaji tentang motode penafsiran, model penafsiran, dan corak penafsiran dari tafsir surat al-ikhlas yang disampaikan oleh Bahauddin Nursalim di Channel Youtube Ngaji Cerdas Gus Baha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa penafsiran ditinjau dari metode penafsiran yang disampaikan, menganalisa model penafsiran, dan menganalisa corak penafsiran dari tafsir surat al-ikhlas yang disampaikan oleh Bahauddin Nursalim di Channel Youtube Ngaji Cerdas Gus Baha.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode tafsir yang digunakan Gus Baha’ dalam menyampaikan kajian di Channel Youtube Ngaji Cerdas Gus Baha’ adalah dengan menggunakan metode tahlili. Kajian tafsir yang disampaikan merujuk kepada kitab tafsir al-jalalain yang merupakan karya tafsir dengan metode tahlili. Sedangkan model penafsirannya adalah dengan model penafsiran gabungan antara bir ra’yi dan bil ma’tsur. Dan corak penafsiran yang digunakan adalah corak tafsir fiqhi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:15
Last Modified: 21 Nov 2022 07:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21320

Actions (login required)

View Item View Item