Analisis Fatwa DSN MUI Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Amil Zakat Terhadap Panitia Zakat di Masjid Al-Mustafa Desa Jonggol Jambon Ponorogo

Mujahid, Muhamad Ma'shum (2022) Analisis Fatwa DSN MUI Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Amil Zakat Terhadap Panitia Zakat di Masjid Al-Mustafa Desa Jonggol Jambon Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
102180063_Muh Ma'shum Mujahid_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (935kB) | Preview

Abstract

Abstrak
Mujahid, Muhamad Ma’shum, 2022, Analisis Fatwa DSN-MUI Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Amil Zakat Terhadap Panitia Zakat Di Masjid Al-Mustafa Desa Jonggol Jambon Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Umarwan Sutopo, LC., M.H.I.
Kata kunci/keyword : Zakat, Amil, Panitia Zakat
Dalam Fatwa DSN-MUI Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Amil Zakat amil adalah Seseorang atau sekelompok orang yang diangkat oleh Pemerintah untuk mengelola pelaksanaan ibadah zakat. Atau seseorang atau sekelompok orang yang dibentuk oleh masyarakat dan disahkan oleh Pemerintah untuk mengelola pelaksanaan ibadah zakat. Panitia zakat di Masjid Al Mustafa Desa Jonggol Jambon Ponorogo melaksanakan pengelolaan zakat tanpa adanya legalitas kepanitiaan yang jelas dari pemerintah atau Lembaga terkait mereka juga mengaku sebagai amil resmi sehingga juga mengambil bagian dari pengumpulan dana zakat. Hal ini tentu bertentangan dengan konsep amil zakat di dalam Fatwa DSN-MUI Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Amil Zakat.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana tinjauan Fatwa DSN-MUI Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Amil Zakat terhadap status panitia zakat di Masjid Al-Mustafa Desa Jonggol Jambon Ponorogo?, karena di Masjid Al Mustafa pembentukan panitia tidak terstruktur dan tidak sistematis mereka juga tidak mempunyai SK sebagai amil. Dan Bagaimana tinjauan Fatwa DSN MUI Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Amil zakat terhadap zakat yang diberikan kepada panitia zakat di Masjid Al-Mustafa Desa Jonggol Jambon Ponorogo?, karena mereka mengaku sebagai amil dan mendapatkan bagian dari dana zakat yang terkumpul. Yang akan dianalisa menggunakan Fatwa DSN MUI Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Amil zakat.
Adapun penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan untuk teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik induktif. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu panitia di masjid Al-Mustafa masih belum mempenuhi persyaratan-persyaratan untuk menjadi amil seperti tidak mempunyai legalias dari pemerintah atau Lembaga terkait dan kurangnya pemahaman mengenai hukum-hukum tentang amil sehingga status mereka belum bisa dikatakan sebagai amil zakat. Dan untuk upah zakat yang diberikan kepada panitia zakat di masjid Al-Mustafa juga tidak sah karena mereka hanya seorang panitia zakat atau relawan zakat yang tidak termasuk ke dalam 8 golongan asnaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umarwan Sutopo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:13
Last Modified: 21 Nov 2022 07:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21318

Actions (login required)

View Item View Item