"Persepsi Ustaz Terhadap Bank Syariah” (Studi di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo)

Muttaqin, Badruzzadi (2022) "Persepsi Ustaz Terhadap Bank Syariah” (Studi di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817187_Badruzzadi Muttaqin_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada ustaz di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo mengenai persepsi mereka terhadap bank syariah. Banyak yang beranggapan bank syariah dengan bank konvensional sama saja dan juga masih banyak ustaz yang memilih menggunakan bank konvensional, padahal secara pendidikan dan lingkungan seharusnya mengerti apa itu Bank syariah, dan seharusnya lebih memilih bank syariah dibanding bank konvensional karena berada dilingkungan pondok pesantren yang tidak terlepas ilmu agama atau syariah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil analisis dalam penelitian yang telah dijalankan, dapat disimpulkan bahwa: Ustaz di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan masih berpersepsi negatif terhadap bank syariah karena masih ada ustaz yang memiliki respon negatif dan juga terdapat ustaz yang tidak memiliki pengalaman mengenai Bank Syariah sehingga menyebabkan kurangnya minat menjadi nasabah Bank Syariah, faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi ustaz Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan terhadap kurang atau rendahnya minat menjadi nasabah Bank Syariah antara lain yaitu faktor informasi/ pengetahuan, tingkat pemahaman dan kesadaran ustaz di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan untuk menjadi nasabah di Bank Syariah bisa dibilang masih rendah, belum adanya promosi yang dilakukan kepada ustaz di pondok pesantren tahfidzul Qur’an Al-Hasan sama sekali yang ditawarkan Bank Syariah mengenai produknya, masih jarang untuk ditemukan cabang-cabang banknya dan juga sulitnya menemukan mesin-mesin ATM di sekitar pondok pesantren, dan fasilitas yang ditawarkan bank syariah masih kurang lengkap seperti halnya mesin ATM bank syariah disekitar pondok pesantren yang masih belum ada dan juga pelayanan di Bank Syariah masih kurang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:12
Last Modified: 21 Nov 2022 07:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21316

Actions (login required)

View Item View Item