Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Jual Beli Kotoran Ternak Ayam (Studi Kasus Di Desa Babadan, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo)

Muizzudin, Safik (2022) Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Jual Beli Kotoran Ternak Ayam (Studi Kasus Di Desa Babadan, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
102180073_SafikMuizzudin_HukumEkonomiSyariah.pdf

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK
Safik Muizzudin, 2022.Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Jual Beli Kotoran Ternak Ayam (Studi Kasus Di Desa Babadan, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo). Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Bapak Umarwan Sutopo Lc., M.H.I.

Kata kunci / keyword: Jual beli, najis, Fiqih Muamalah
Jual beli diartikan al-bai, al-tijarah dan al-mubadalah. Pada intinya jual beli merupakan suatu perjanjian tukar menukar barang atau benda yang mempunyai manfaat untuk penggunanya, kedua belah pihak sudah menyepakati perjanjian yang telah dibuat. Tujuan agama islam mengatur semua aspek dalam jual beli agar dalam transaksinya dapat memberi kemaslahatan dan tidak menimbulkan kemudharatan setelah adanya jual beli. Pada perkembangannya manusia memperjualbelikan barang yang disinyalir dilarang diantaranya kotoran hewan. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau fiqih muamalah terhadap jual beli kotoran ternak ayam di Desa Babadan, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field researce), pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik wawancara dan untuk analisis data menggunakan teknik berfikir induktif. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jual beli kotoran ternak ayam yang ada di Desa Babadan, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo berdasarkan objek, akad, penentuan takaran dan penetapan harga sudah sesuai dengan fiqih muamalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umarwan Sutopo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:19
Last Modified: 21 Nov 2022 07:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21308

Actions (login required)

View Item View Item