[FILE PDF BELUM ADA] KORELASI ANTARA PENGGUNAAN METODE TAKROR DAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-HASAN PATIHAN WETAN BABADAN PONOROGO TAHUN 2022

Yusuf, Muhammad Ghufronil Karim (2022) [FILE PDF BELUM ADA] KORELASI ANTARA PENGGUNAAN METODE TAKROR DAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-HASAN PATIHAN WETAN BABADAN PONOROGO TAHUN 2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena pada saat ini di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan yang bertempat di desa Patihan Wetan kecamatan Babadan kabupaten Ponorogo bahwasannya hampir 50% santri Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan tahun 2022 masih belum tidak lulus ujian tasmi’ Al-Qur’an, maka dari itu penulis tertarik melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pelaksanaan menghafal Al-Qur’an yang digunakan oleh santri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara penggunaan metode takror dan kemampuan menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo Tahun 2022.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kuantitatif (korelasional), dengan lokasi penelitian berada di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo. Adapun terkait teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan kepada santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan dengan jumlah sample 40 santri (sampling jenuh).
Berdasarkan hasil analisis data didapatkan kesimpulan bahwa Berdasarkan tabel nilai korelasi koefisien phi dapat diketahui bahwa besarnya korelasi adalah -0,111 yang berarti korelasi antara penggunaan metode takror dan kemampuan menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo Tahun 2022 tergolong lemah. Untuk uji signifikansinya dapat diketahui bahwa nilai approx.sig (p-value) adalah 0,482. Oleh karena nilai p-value > alpha (α = 0,05) maka dapat diputuskan terima Ho, yang artinya tidak ada korelasi yang signifikan antara penggunaan metode takror dan kemampuan menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo Tahun 2022. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Takror tidak cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo Tahun 2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:16
Last Modified: 21 Nov 2022 07:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21300

Actions (login required)

View Item View Item