[FILE PDF BELUM ADA] Peran Orang Tua dalam Memandirikan Anak Tunagrahita Di Tk Inklusi Pesantren Anak Sholeh Baitul Quran Ngabar Siman Ponorogo

nurlaila, siti (2022) [FILE PDF BELUM ADA] Peran Orang Tua dalam Memandirikan Anak Tunagrahita Di Tk Inklusi Pesantren Anak Sholeh Baitul Quran Ngabar Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran orang tua dalam keluarga sangatlah begitu penting bagi
perkembangan sang anak. Anak sebagai yang di didik sedangkan orang tua yang
menjadi seorang pendidik agar lebih luas pengetahuan yang didapatkan. Setiap
orang tua memiliki kewajiban dan tanggung jawab dalam mengasuh, mendorong,
memelihara, memfasilitasi segala kebutuhanya, serta melindungi sang anak.
Dengan begitu sebisa mungkin para orang tua mengajarkan contoh yang baik
kepada anak-anaknya agar bisa ditiru dan diterapkan kembali oleh anak
dikehidupan sehari-harinya. Orang tua mengajarkan anak mereka supaya bisa
mengatur, mengurus, dan melakukan aktivitas atas tanggung jawabnya sendiri
tanpa banyak menggantungkan diri pada orang lain.
Dalam penelitian ini Peran orang tua yang memiliki anak kebutuhan
khusus, kami khususkan dalam tiga peran saja: 1) Bagaimana peran orang tua
sebagai motivator?; 2) Bagaimana peran orang tua sebagai fasilitator?; 3)
Bagaimana peran orang tua sebagai mediator?;. Peneliti hanya mengambil tiga
peran orang tersebut karena keterbatasan biaya dan waktu.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Sumber data primer
diperoleh dari hasil wawancara dengan para orang tua yang memiliki anak
tunagrahita dan guru yang dicatat melalui catatan lapangan atau catatan tertulis.
Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Data dikumpulkan
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data
dilakukan dengan triangulasi, ketekunan pengamatan, dan perpanjangan
pengamatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran orang tua memberikan
motivasi atau dorongan kepada anaknya dengan mengajarkan ketrampilan sehari
hari dalam rumah tangga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Dari hasil
penelitian ini memperkuat teori peran orang tua sebagai motivator. Kemudian
menjadi point tambahan adalah kesabaran dan ketelatenan sebagai kunci dalam
mendidik mereka menuju kemandirian hidup. (2) peran orang tua sebagai
fasilitator dalam pembelajaran anak meliputi beberapa tugas yakni menyediakan
fasilitas belajar baik berupa tempat belajar, alat tulis, buku-buku pelajaran, dan
lain-lain yang dapat memudahkan anak belajar. Selain itu mainan sepeda dan alat
pendengaran. (3) peran orang tua sebagai mediator memiliki peran penting dalam
membantu komunikasi dan membantu ketrampilan dalam rumah tangga. Selain itu
4
sekolah juga sangat membantu orang tua yang memiliki keterbatasan wawasan
dalam membina anak anak mereka untuk lebih mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUHAMMAD NURDIN
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:16
Last Modified: 21 Nov 2022 07:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21297

Actions (login required)

View Item View Item