(kesediaan publikasi belum ada..upload ulang. pada judul, semua harus pakai huruf kecil)..PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP PERILAKU NARSISISME MAHASISWA KPI ANGKATAN TAHUN 2021 IAIN PONOROGO

Faizah, Khoridzatul Wahyu (2022) (kesediaan publikasi belum ada..upload ulang. pada judul, semua harus pakai huruf kecil)..PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP PERILAKU NARSISISME MAHASISWA KPI ANGKATAN TAHUN 2021 IAIN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
theses khor.pdf

Download (794kB) | Preview

Abstract

Faizah, Khoridzatul Wahyu, 2022. Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Perilaku Narsisisme Mahasiwa KPI Angkatan Tahun 2021 IAIN Ponorogo. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, IAIN Ponorogo.

Kata Kunci : Mahasiswa, Penggunaan Aplikasi TikTok, Perilaku Narsisisme.

Munculnya media baru di Indonesia memberikan dampak bagi perubahan masyarakat. Khususnya mahasiswa, tidak sedikit yang memanfaatkan media baru sebagai ajang untuk mencari kepopuleran dan pengakuan diri. Salah satu bentuk media baru saat ini yaitu aplikasi TikTok. Aplikasi TikTok merupakan sebuah jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok yang digunakan untuk membuat video kemudian dibagikan kepada pengguna aplikasi TikTok lainnya. TikTok sebagai sarana informasi menjadi fenomena sosial yang patut untuk dicermati karena banyaknya masyarakat yang tertarik dan memiliki akun TikTok sebagai aplikasi media sosial populer yang sama hal di dalamnya bisa menjadi trendsetter pada semua kalangan. Indonesia menempati urutan ketujuh dengan penggunakan waktu yang dihabiskan di TikTok sebanyak 23,1 jam/bulan. Salah satu dampak perubahan perilaku yang bisa ditimbulkan dari penggunaan aplikasi TikTok ini adalah perilaku narsisisme. Dikarenakan dukungan dari fitur-fitur menarik serta pilihan lagu yang beragam di dalam aplikasi. Perilaku narsisisme masing-masing mahasiswa berbeda tergantung pada tingkat intensitas mahasiswa dalam menggunakan aplikasi TikTok.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Seberapa Besar Intensitas Penggunaan Aplikasi TikTok oleh Mahasiswa KPI angkatan 2021 IAIN Ponorogo.” dan “Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Perilaku Narsisisme Mahasiswa KPI Angkatan 2021 IAIN Ponorogo”. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner. Peneliti menggunakan uji analisis regresi linier sederhana untuk analisis data. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa KPI angkatan tahun 2021 IAIN Ponorogo yang berjumlah 128 dengan sampel yang digunakan sebanyak 56 responden.

Berdasarkan pada hasil nilai regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 23 for Windows diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,973 dengan signifikan 0,000. Nilai koefisien determinan (R2) sebesar 0,944 yang menunjukkan bahwa variabel penggunaan aplikasi TikTok memiliki pengaruh terhadap perilaku narsisisme sebesar 94,4%. Disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi TikTok berpengaruh terhadap perilaku narsisisme Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ponorogo tahun angkatan 2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:16
Last Modified: 21 Nov 2022 07:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21291

Actions (login required)

View Item View Item