Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMKN 1 Ponorogo)

Mujiarni, Tri Novianti Ayu (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMKN 1 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316435_TRI NOVIANTI AYU MUJIARNI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tri novianti ayu mudjiarni, (210316434), Judul Skripsi: Upaya Guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di masa pandemi covid-19 di SMKN 1 Ponorogo Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan, IAIN Bengkulu, Pembimbing I Prof. Dr. Hj. S. Maryam Yusuf, M. Ag.
Kata Kunci: Upaya Guru, Kesulitan Belajar Siswa, Pembelajaran Daring
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan begitu besar dampak Covid-19 bagi pendidikan hingga pada tanggal 9 Desember 2020 wabah Covid-19 telah menjangkit hingga 586.842. Guna mengatasi bertambahnya kasus Covid-19 pemerintah memberlakukan sebuah kebijakan yang berupa pembatasan social (Social Distancing). Pembatasan sosial menurut KEMENKO PMK adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19. Dan membuat sekolah harus diliburkan dan melakukan sistem daring.
Adapun yang melatar belakangi penelitian ini ialah penulis tertarik dengan bagaiamana upaya guru dalam mengatasi kesulitan pembelajaran daring pada siswa dikarenkan metode daring ini sangat baru sekali digunakan bagi sekolah yang belum pernah menerapkan pembelajaran daring dan sehingga membuat siswa belum terbiasa dan pastinya ada berbagai kendala yang dialami.
Tujuanya melakukan penelitian ini yaitu 1) Apa saja aplikasi yang digunakan SMK Negeri 1 Ponorogo dalam melakukan proses pembelajran daring selama masa pandemic covid-19 2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala siswa dalam proses pembelajaran daring 3) Apa saja bentuk upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada masa pandemic Covid-19 di SMKN 1 Ponorogo,
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus untuk mendapatkan data-data menggunakan data primer dan data sekunder serta wawancara, observasi, dokumentasi.Hasil dari penelitian menunjukan bahwa ada beberapa kendala yang dialami siswa saat pembelajaran daring yang dimana siswa mengalami susah sinyal dikarenakn sebagian siswa tinggal jauh dari kota dan juga ada pemadaman listrik sehingga membuat terhambat pembelajaran, tidak hanya sinyal sisi lain memakan banyak kuata dan kurangnya pemahaman materi . Hasil dari wawancara bahwa guru berupaya sebaik mungkin untuk membantu siswa apapun kendalanya dan meringankn siswa dalam pembelajaran jika melangalami sinyal yang tidak mendukungBerdasarkan hasil analisis dan kesimpulan bahwasannya siswa merasakan kesulitan pada metode daring tersebut dikarena belum terbiasa menggunakan aplikasi dan juga beberapa kendala yang sering terjadi seperti sinyal hingga materi yang kurang dipahami oleh siswa dan dari situ lah guru akan berupaya membantu siswa untuk meringankan proses pembelajaran daring dan tidak memberatkan siswa dalam hal

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: S. Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:05
Last Modified: 21 Nov 2022 07:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21282

Actions (login required)

View Item View Item