[TTD SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI HARUS ASLI] Kerja Sama Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa dada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTs Muhammadiyah Pakis Baru Nawangan Pacitan

Giantama, Rendy (2022) [TTD SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI HARUS ASLI] Kerja Sama Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa dada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTs Muhammadiyah Pakis Baru Nawangan Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180189_ Rendy Giantama_ PENDIDIKAN AGAMA ISLAM .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Giantama, Rendy. 2022. Kerja Sama Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Muhammadiyah Pakis Baru, Nawangan, Pacitan. Skripsi. Jurusan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ayunda Riska Puspita, MA

Kata Kunci: Kerja sama, Minat Belajar, Siswa, Akidah Akhlak
Kerja sama merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh orang tua wali murid dan guru di sekolah, karena peran orang tua siswa sebagai pendidik pertama tidak bisa dipisahkan. Kerja sama yang dilakukan antara guru dan orang tua bertujuan untuk membangun komunikasi keduanya dalam memantau perkembangan belajar siswa. Selain itu untuk meningkatkan minat belajar siswa orang tua dan guru harus bisa memenuhi kebutuhan siswa seperti, kebutuhan cinta kasih dan kebutuhan social siswa, kebutuhan akan rasa aman siswa . Namun lebih dari itu, orang tua dapat melanjutkan apa yang telah dipelajari siswa di madrasah untuk diulangi kembali di rumah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) untuk mendeskripsikan bentuk kerja sama antara guru dan orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Muhamadiyyah Pakis Baru, (2) untuk mengetahui bagaimana dampak adanya kerja sama antara guru dan orang tua terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Muhamadiyyah Pakis Baru, (3) untuk mengetahui hambatan yang di terapkan dalam kerja sama guru dan orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Muhamadiyyah Pakis Baru.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kualitatif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) bentuk kerja sama guru dan orang tua yang diterapkan di MTs Muhamadiyyah Pakis Baru seperti menjalin sebuah komunikasi antara guru dan orang tua siswa dengan kunjungan ke rumah murid, diundang nya orang tua ke sekolah dan case conference; (2) dengan adanya kerja sama guru dan orang tua ini menimbulkan dampak yang positif, yaitu dengan kunjungan ke rumah murid dapat meningkatkan minat ssiwa akan cinta kasih/kebutuhan sosial siswa, karena siswa akan merasa senang dan akrab dan orang ua juga dapat memberikan informasi tentang kehidupan anakanya. Selain itu di undangnya orang tua ke sekolah dan case conference dapat meningkatkan minat belajar siswa akan kebutuan dan rasa ama siswa, karena siswa akan merasa aman dari ancaman fisik dan merasa terjamin akan proses belajarnya dan pertemuan kasus yang di adakan besama orang tua dapat mencari solusi yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah yang di hadapi anak dalam proses pembelajaran bisa teratasi.Tidak hanya itu, dampak negative juga timbul pada orang tua siswa pada saat orang tau siswa di panggil oleh guru ke sekolah akibat anak mereka sulit menerima pelajaran yang di ajarkan. Para orang tua justru memarahi anak anak mereka dan meminta anak tersebut untuk belajar lebih serius tanpa menanyakan terlebih dahulu alasan kenapa anak mereka sulit menerima pelajaran yang di ajarkan madrasah; (3) Hambatan dalam menerapkan kerja sama guru dan orang tua di MTs Muhamadiyyah Pakis Baru di pengaruhi faktor internal dan faktor eksternal. Dari faktor internal terdapat kesulitan menghubungi orang tua siswa yang sibuk berkerja, kurangnya sarana dan prasarana yang memadai dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Dari faktor eksternal yaitu orang tua yang lebih mementingkan perkerjaan mereka dibandingkan dengan membimbing belajar anak mereka di rumah. Orang tua kesulitan dalam membagi waktu mereka mendampingi anaknya dengan waktu berkerjanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:03
Last Modified: 21 Nov 2022 07:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21279

Actions (login required)

View Item View Item