[DAFTAR PUSTAKA BELUM ADA] Pendaftaran Perkara secara E-Court bagi Advokat Ditinjau dari Asas Sederhana Cepat dan Biaya Ringan (Studi pada Kantor Advokat di Ponorogo)

Mari'a, Haniam (2022) [DAFTAR PUSTAKA BELUM ADA] Pendaftaran Perkara secara E-Court bagi Advokat Ditinjau dari Asas Sederhana Cepat dan Biaya Ringan (Studi pada Kantor Advokat di Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
101180054_Haniam Mari'a_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mari’a, Haniam, 2022. Pendaftaran Perkara Secara E-Court Bagi Advokat Ditinjau Dari Asas Sederhana Cepat dan Biaya Ringan (Studi Pada Kantor Advokat Di Ponorogo). Jurusan Hukum Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Ahmad Syakirin, S.H, M.H.
Kata kunci/keywords: E-Court, Efektivitas Hukum, Asas Sederhana Cepat Dan Biaya Ringan
E-Court merupakan sebuah instrument pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, taksiran panjar biaya perkara secara elektronik, pembayaran panjar biaya secara online, pemanggilan secara online, dan persidangan secara online mengirim dokumen persidangan (Replik, Duplik, Kesimpulan, Jawaban).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana prosedur pendaftaran perkara secara e-Court bagi advokat di Ponorogo dari segi efektivitas hukum dan ditinjau dari asas sederhana cepat dan biaya ringan dan Apa faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pendaftaran perkara secara e-Court bagi advokat di Ponorogo dari segi efektivitas hukum dan ditinjau dari asas sederhana cepat dan biaya ringan.
Adapun jenis penelitian yang digunakan peneliti merupakan penelitian yang menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti langsung terjun ke lapangan guna melakukan penelitian pada objek yang menjadi tujuan penelitian guna pengumpulan data yang kemudian dipelajari, diananlisis, serta mengambil kesimpulan dari penelitian yang telah terjadi di lapangan, yang bertujuan untuk mempelajari secara lebih dalam tentang penerapan e-Court yang dilakukan oleh para advokat di Ponorogo.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa prosedur pendaftaran perkara melalui e-Court hanya dapat dilakukan oleh dua pihak yakni pengguna terdaftar atau advokat dan pengguna non-terdaftar. Prosedur pendaftaran perkara melalui e-Court memiliki urutan yang sangat praktis dan mudah, yakni semua data dari penggunggat harus sudah siap dan sudah di scan dan siap upload di e-Court. Faktor penghambat dalam pelaksanaan pendaftaran di e-Court ini mengerucut jawaban yang paling utama terkait signal. Sedangkan faktor pendukung disini adalah kemudahan dengan adanya e-Court sangat efektif dan efisien, yang mana dengan dilakukan secara online ini jadi menghemat biaya, waktu dan tenaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Syakirin
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:01
Last Modified: 21 Nov 2022 07:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21278

Actions (login required)

View Item View Item