Supervisi Kepala Sekolah salam Pengembangan Profesiaonalisme Guru si MTs Wahid Hasyim Ponorogo

Fauziyah, Laelatul (2022) Supervisi Kepala Sekolah salam Pengembangan Profesiaonalisme Guru si MTs Wahid Hasyim Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
LAELATUL FAUZIYAH_502190017_MPI-Etheses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Guru sebagai pengajar mempunyai tugas menyampaikan pelajaran terhadap peserta didik, selain itu tugas guru sebagai pendidik memberikan bimbingan, mengarahkan serta melakukan pembinaan peserta didik untuk menjadi pribadi yang cakap, kreatif, aktif, serta mandiri. Dengan beban tugas yang demikian maka guru harus memiliki kemampuan dan kompetensi profesional. Pengembangan profesionalisme guru membutuhkan pengawasan dari kepala sekolah. Karena hal tersebut menjadikan peneliti tertarik melakukan penelitian mendalam yang berjudul Supervisi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru di MTs Wahid Hasyim Ponorogo.
Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan dengan pendekatan kualitatif yang jenis penelitiannya descriptive research. Penelitian yang dilakukan bertempat di MTs Wahid Hasyim Ponorogo. Dalam mengumpulkan data dengan melakukan observasi nonpartisipatif, wawancara tak terstruktur, mendalam dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan teknik reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan temuan dicek dengan memakai triangulasi, ketekunan pengamatan, serta kecukupan referensi.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis peran Kepala Sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Wahid Hasyim Ponorogo, mendeskripsikan dan menganalisis teknik dan pendekatan supervisi yang digunakan Kepala Sekolah di MTs wahid Hasyim Ponorogo dan memaparkan dan menganalisis implikasi supervisi Kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di MTs Wahid Hasyim Ponorogo. Melalui proses pengumpulan dan analisis data, dapat disimpulkan hal berikut. Pertama, pengawasan kepala sekolah di MTs Wahid Hasyim Ponorogo dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan serta tahap evaluasi. Kedua, Pendekatan supervisi yang dipakai yaitu pendekatan langsung dan tak langsung. Adapun teknik yang dipakai yaitu teknik individual dan teknik kelompok. Kepala sekolah dalam kepengawasannnya cenderung menggunakan tipe supervisi kepengawasan yang demokratis. Ketiga, implikasi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah di MTs Wahid Hasyim yaitu dapat mengembangkan guru yang profesional dengan kemampuan pedagogik, kemampuan kepribadian, kemampuan sosial serta kemampuan profesional.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: S. Mariyam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:55
Last Modified: 21 Nov 2022 06:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21269

Actions (login required)

View Item View Item