Komunikasi Remaja Masjid Ash-Shofa dalam Memakmurkan Masjid di Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo

Setiani, Fitria (2022) Komunikasi Remaja Masjid Ash-Shofa dalam Memakmurkan Masjid di Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
302180083_FITRIA SETIANI_KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM.pdf

Download (976kB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Komunikasi, Remaja Masjid, Memakmurkan Masjid
Komunikasi merupakan kegiatan yang sangat penting, tidak hanya dalam kehidupan organisasi, tetapi dalam kegiatan sehari-hari serta komunikasi diperlukan. Komunikasi merupakan sesuatu yang dibutuhkan dalam berinteraksi. Komunikasi tidak hanya berfungsi sebagai pertukaran informasi, tetapi juga juga untuk menyampaikan pendapat dan gagasan. Masjid adalah tempat seorang hamba berkomunikasi dengan pencipta-Nya, di masjid juga bisa saling bertemu dan saling bertemu bertukar informasi tentang masalah yang dihadapi. Sedangkan kemakmuran masjid secara lahiriah adalah dengan memelihara fisiknya dan bangunan masjid, sehingga terhindar dari kotoran dan gangguan lainnya. Pengurus masjid dapat menjadi mediator dalam meningkatkan kesejahteraan masjid dan tentunya harus menjadi contoh yang baik.

Maka dari itu perlu kiranya untuk mengetahui komunikasi remaja masjid Ash – Shofa dalam memakmurkan masjid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi yang dibangun remas Ash – Shofa dalam memakmurkan masjid. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan yang dilakukan oleh peneliti adalah pendekatan Kualitatif. Diasah dengan pisau analisis yaitu teori komunikasi organisasi, remaja masjid dan cara memakmurkan masjid.
Hasil penelitian yang diperoleh : 1) Peran remaja masjid dalam memakmurkan masjid melalui kegiatan seperti pembagian jadwal piket untuk membersihan masjid, lalu kegiatan keagaamaan seperti TPQ, dan melaksanakan shalat berjamaah. 2) Komunikasi Remaja Masjid (Remas) Ash – Shofa dalam memakmurkan masjid adalah dengan komunikasi formal. Komunikasi ini digunakan untuk mempermudah komunikasi antara pengurus masjid, remaja masjid dan masyarakat dalam forum diskusi agar saling terbuka dan tidak terjadi kesalahpahaman informasi. 3) Faktor keberhasilan yang mempengaruhi mamkmurnya suatu masjid di masjid Ash – Shofa adalah kekompakan internal remaja masjid dan masyarakat serta komunikasi yang terjalin baik antara pengurus dan faktor yang mempengaruhi kegagalan makmurnya suatu masjid dari masjid Ash – Shofa yaitu adalah waktu dan kesibukan jamaah dan setiap orang memiliki sifat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:54
Last Modified: 21 Nov 2022 06:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21266

Actions (login required)

View Item View Item